Pengaruh variasi kadar garam air asin dan lama perendaman terhadap durabilitas laston AC-WC (Asphalt Concreate-Wearing Course) / Mia Arimas Mega Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi kadar garam air asin dan lama perendaman terhadap durabilitas laston AC-WC (Asphalt Concreate-Wearing Course) / Mia Arimas Mega Puspita

Puspita, Mia Arimas Mega (2016) Pengaruh variasi kadar garam air asin dan lama perendaman terhadap durabilitas laston AC-WC (Asphalt Concreate-Wearing Course) / Mia Arimas Mega Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita Mia Arimas Mega. 2016. PengaruhVariasi Kadar Garam Air Asindan Lama PerendamanterhadapDurabilitasLaston AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Course). Skripsi Program Studi S1 TeknikSipil JurusanTeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Pranoto S.T. M.T. (II) Drs. Sugiyanto S.T. M.T. Kata Kunci variasikadargaram durabilitas lama perendaman laston AC-WC. Padaumumnyaperkerasanjalan di Indonesia mengalamikerusakansebelummencapiumurrencana terutamadaerah yang seringterendam air sepertipadadaerahpesisirpantai. Seringkalibeberaparuas yang berada dipesisirpantaitergenangbanjir rob dandapatmenurunkansifatdurabilitas (keawetan) lapisanperkerasanjalan. Durabilitasmerupakanketahanan yang dimilikiolehsuatucampuranberaspaldalammempertahankansifataspalnyaselama masa pelayanan. Nilaidurabilitas yang tinggimengidentifikasikanbahwajalanmempunyaisifat yang lebihawetdanmempunyaisifatketahanandari air dancuaca. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk (1) mengetahuipengaruhkadargaram air asindan lama perendamanterhadap parameter Marshall (2) mengetahuipengaruhkadargaram air asindan lama perendamanterhadapdurabilitaslaston AC-WC. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif. Pengumpulan data dilakukandenganpemeriksaancampuranberaspalpadakadaraspal 4% 4 5% 5% 5 5% 6 dandiperoleh KAO sebesar 5 75%. Selanjutnyapembuatanbendauji KAO denganperlakuanvariasikadargaramdan lama perendaman. Variasikadargaram yang digunakanantara 0-6% sedangkanvariasiperendamandilakukanselama 30 menit (0 5) jam 24 jam 72 jam dan 120 jam padasuhu 60oC denganmendapatkanpemanasanselama 10 jam perhari. Pemanasaninidilakukanuntukmenyesuaikankondisi di lapangandimanaperkerasanjalanmendapatpemanasandarisinarmatahari 10 jam per hari. Untukmelihatkinerjabetonberaspaldigunakanduaindikatoryaitudurabilitasstandar meliputiIndeksKekuatanSisa (IKS)dandurabilitasmodifikasi meliputiIndeksDurabilitasPertama (IDP) danIndeksDurabilitasKedua (IDK). Berdasarkanhasilpenelitiandidapatkankesimpulanyaitu 1) Nilaistabilitas VFA dan MQ mengalamipenurunanseiringbertambahnyakadargaramdan lama perendaman. Sedangkannilaiflow VIM dan VMA mengalamipeningkatanseiringberatambahnyakadargaramdan lama perendaman. 2) Nilai IKScenderungmenurunseiringbertambahnyakadargaram nilai IKS standartelahmemenuhipersyaratan sedangkanpada IKS variasikadargaram yang memenuhipersyaratanantara 0-2 1%. Terjadipeningkatannilai IDP dan IDK yang mengidentifikasikanpenurunankekuatan.Penurunankekuatanterbesarterdapatpadakadarperendaman 6%.Sehinggasecaraumumdapatdisimpulkanbahwasemakinbesarkadargaramdan lama perendamanakanmenghasilkannilaidurabilitas/keawetan yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45279

Actions (login required)

View Item View Item