Perbandingan kekuatan tarik pada sambungan profil siku dengan menggunakan sambungan baut dan sambungan las / Alif Widyanata - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan kekuatan tarik pada sambungan profil siku dengan menggunakan sambungan baut dan sambungan las / Alif Widyanata

Widyanata, Alif (2016) Perbandingan kekuatan tarik pada sambungan profil siku dengan menggunakan sambungan baut dan sambungan las / Alif Widyanata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyanata Alif. 2016. PerbandinganKekuatan Tarik PadaSambunganProfilSikuDenganMenggunakanSambunganBaut Dan Sambungan Las. Program Studi S1 TeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. AdjibKarjanto S.T. M.T. (II) Drs. Ir. Sudomo M.M.T. Kata Kunci Baja ProfilSikuSama kaki SambunganBaut Sambungan Las Kekuatan Tarik. Profilsikudalamkonstruksirangkabajadigunakansebagairangkakuda-kudaatap pengakurangkabatang elemenikatangin danmenarakabellistrik. Profilinidinyatakandengantanda L dimanaterdapattigabilangan yang menunjukkantinggi lebar dantebalprofil. Dalam SNI 07-2054-2006 tentangbajaprofilsikusama kaki standarukuranpenampangdinyatakandalamsatuan millimeter danmenggunakanpenamaanuntuksetiapukuranprofilnya. Struktur yang tersusundaribeberapaprofilbajamembutuhkanalatpenyambungsebagaipengikat (fastener) untukmenyatukanelemen-elemenprofilbajamenjadisuatukesatuanbentukkonstruksi. Sambunganbautdandansambungan las merupakanjenisalatsambung yang umumdigunakandalamkonstruksibaja. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikekuatantarikmaksimumsertajeniskerusakanpadasambunganbautdansambungan las padabajaprofilsiku. DesainpermodelansambunganmenggunakanmetodeLRFD(Load Resistance and Factor Design) berdasarkan SNI 03-1729-2002 dan SNI 1729-2015. Dari hasilujipendahuluandiperolehujitarikbautsebesar 472.82 MPa ujitarik las sebesar 594.51 MPa danujikarakteristikkekuatanbajaprofilsikusebesar 593.66 MPa. Pengujiantarik model sambungandilakukandenganpemberianbebansecarabertahappadapembacaandial gauge setiap 1 mm sampaibendaujimenerimabebanmaksimum. Kekuatantarikmaksimum rata-rata padasambunganbautsebesar 13.03 ton dansambungan las sebesar 12.48 ton. Kekuatantarikmaksimumsambunganbautlebihbesar 4.41% daripadasambungan Las. Pertambahanpanjangsambunganbautpadasaatbebanmaksimumsebesar 18.7 mm dansambungan las sebesar 13.3 mm menunjukkanbahwasambungan las memilikistruktur yang lebihkakudaripadasambunganbautdilihatdaripertambahanpanjangnya. Dari hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwasambunganbautlebihefektifditerapkanpadasambunganbajaprofilsiku. Jeniskerusakanpada model sambungansebagianbesarterjadipadapenampangprofilsiku yang mengalamiputusataupatahtumpu. Bautpada model sambunganmengalamidistorsi yaitubautmengalamirotasiataukemiringandarisumbuawal. Padasambungan las terjadikeretakanpadapertemuanpenampangprofilsiku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45268

Actions (login required)

View Item View Item