Analisis dan uji kekuatan kuda-kuda baja ringan profil U / Nur Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis dan uji kekuatan kuda-kuda baja ringan profil U / Nur Rohman

Rohman, Nur (2016) Analisis dan uji kekuatan kuda-kuda baja ringan profil U / Nur Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohman Nur. 2016. Analisis dan Uji Kekuatan Kuda-kuda Baja Ringan Profil U Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Mohammad Sulton S.T. M.T. (II) Imam Alfianto S.T M.T. Kata kunci Kuda-kuda Baja Ringan Baja Ringan Profil U. Baja ringan merupakan alternatif material rangka atap yang mulai banyak digunakan dengan berbagai macam profil yang beredar salah satunya adalah profil U. Profil U banyak digunakan pada bangunan sipil dengan bentang kuda-kuda yang lebar. Akan tetapi penelitian mengenai profil ini terhadap penggunaannya sebagai rangka atap di lapangan masih jarang dilakukan. SNI baja ringan (baja canai dingin) 7971-2013 juga masih baru sehingga diperlukan pembahasan lebih lanjut dan mengaplikasikannya dalam perencanaan. Kekuatan konstruksi batang ditinjau dari gaya normal yang mampu dipikul dan salah satu indikatornya pada lendutan yang terjadi. Lendutan yang melebihi kapasitas kekuatan material dapat mengakibatkan keruntuhan keseluruhan konstruksi. Penelitian diawali uji pendahuluan tarik material (tensile test) yang akan ditinjau secara analisis dan uji model. Sehingga didapatkan karakteristik material berupa Fy Fu dan E. Analisis dan pengujian model sebenarnya menggunakan kuda-kuda baja ringan profil U tipe rangka howe bentang 4 meter dengan sudut kemiringan atap 30 sebanyak 3 benda uji yang diberi beban terpusat di titik simpul atas tengah bentang. Pencatatan data lendutan model setiap 20 kg hingga model mengalami keruntuhan. Hasil penelitian secara analisis menggunakan metode Unit Load dan perhitungan lendutan ( 948 ) model sebenarnya pada pengujian laboratorium. Batas lendutan maksimum model secara analisis sebesar 7.9846 mm terjadi pada beban 4900 kg. Batas lendutan model pengujian sebesar 7.96 mm pada beban 620 kg (Model 1) 7.71 pada beban 740 kg (Model 2) dan 7.91 pada beban 700 kg apabila dirata-rata lendutan sebesar 7.78 pada beban 680 kg. Prosentase perbedaan hubungan beban-lendutan mencapai 80% dimana uji model analisis. Grafik hubungan beban-lendutan secara analisis merupakan linier namun pada grafik uji model sebenarnya menunjukkan hubungan yang non-linier dengan keruntuhan utama kuda-kuda pada sambungan di area tumpuan dan Local Buckling of the Web (LBW). Saran perbaikan untuk penelitian selanjutnya dengan memperkuat area tumpuan dan pengawasan pengerjaan sebenarnya agar sesuai dengan perencanaan. Sehingga didapatkan hasil penelitian yang lebih baik. Rohman Nur. 2016. The Analysis and Experimental Tests of the Strength of U-Profile Steel Roof Truss Thesis S1 Civil Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Concelor (I) Mohammad Sulton S.T. M.T. (II) Imam Alfianto S.T M.T. Keyword Lightweight steel of roof truss U-Profile of roof truss Lightweight steel was a alternative of roof frame material that is widely used with a variety of profiles of outstanding one is the profile U. Profile U widely used in civil buildings span the width of the sell light steel. But research on this profile used as a roof truss at the field are still rarely. SNI light steel (cold rolled steel) 7971-2013 was still new so it required further discussion and applied it in planning. Rod construction strength in terms of the normal force was able to shouldered and one indicator on a deflection occurs. Deflection exceeded the capacity of the material strength could lead to collapse of the entire construction. The research began preliminary tested tensile material (tensile test) which will be reviewed in the analysis and test models. So we get the characteristics of the material in the form Fy Fu and E. Analysis and test used the actual model sell light steel U-type frame profile 4 meter span roof with a slope angle of 30 as much as 3 specimen by concentrated loads at a node on the middle landscape. Recorded data every 20 kg of deflection models to models of collapse. The results of analysis used calculation methods Unit Load and deflection ( 948 ) models of actual laboratory testing. The results of the analysis model as a maximum deflection of 8.00 mm occurred at 4900 kg load deflection resulted an average of 3 models in testing of 8.00 mm was achieved in 690 kg load. Percentage difference reached 80% (test models analysis). Graph of load-deflection relationship in the analysis was linear but in fact the model test chart showed the non-linear relationship with a major collapse of the sell at the junction in the area of the pedestal and Local Buckling of the Web (LBW). Suggested improvements for next research to strengthen the foundation area and the actual construction supervision order in accordance with planning. So that the results obtained are better.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45264

Actions (login required)

View Item View Item