Kuat geser diagonal bata beton dengan variasi penambahan jerami padi / Ach. Jadidil Khoir - Repositori Universitas Negeri Malang

Kuat geser diagonal bata beton dengan variasi penambahan jerami padi / Ach. Jadidil Khoir

Khoir, Ach. Jadidil (2016) Kuat geser diagonal bata beton dengan variasi penambahan jerami padi / Ach. Jadidil Khoir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoir Ach Jadidil. 2016. Kuat Geser Diagonal Bata Beton dengan Variasi Penambahan Jerami Padi. Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nindyawati S.T. M.T (II) Drs. Ir. Soedomo M.T. Kata Kunci Bata Beton Jerami Padi Geser Diagonal Penggunaan bata beton pada dinding merupakan alternatif pengganti bata merah yang memiliki banyak kekurangan. Disisi lain seiring dengan kemajuan teknologi maka banyak penelitian dilakukan yang bertujuan untuk menemukan bahan alternatif lain agar dapat digunakan sebagai bahan tambahan atau sebagai bahan pengganti dalam campuran pembuatan bahan-bahan bangunan. Maka dari itu dalam penelitian ini mencoba untuk menggunakan jerami dalam pembuatan bata beton. Dimana jerami sendiri memiliki kandungan silika (22%) yang cukup berguna sebagai bahan pengganti sebagian semen dalam pembuatan bata beton dan mungkin akan memperingan berat volume yang dibutuhkan. Pada penelitian ini dibuat bata beton berbentuk balok dengan ukuran 40 cm x 10 cm x 9 cm. Perbandingan campuran yang digunakan dalam penelitian ini ada 1 semen 2 pasir 1 jerami padi. Sedangkan pada variasi benda uji dalam penelitian ini menggunakan bata beton biasa tanpa jerami bata beton dengan penambahan jerami ukuran 40 cm dan bata beton dengan subtitusi jerami ukuran 1 cm. Untuk jumlah keseluruhan benda uji adalah 15 buah dengan setiap sampel terdiri dari 5 buah. Pengujian yang dilakukan adalah uji kuat geser diagonal pasangan bata beton dengan menggunakan alat Universal Testing Machine(UTM).Hasil dari pengujian kuat geser diagonal dianalisis dengan uji Anova one way dengan tujuan untuk melihat perbedaan kuat geser diagonal dari ketiga kelompok benda uji. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai kuat geser diagonal pada bata beton biasa tanpa jerami sebesar 12 82 Kg/cm2. Untuk bata beton dengan jerami ukuran 40 cm sebesar 1 56 Kg/cm2. Sedangkan pada bata beton dengan subtitusi jerami ukuran 1 cm sebesar 3 04 Kg/cm2. Pada penimbangan berat setiap kelompok benda uji didapatkan berat sebesar 33 64 Kg pada bata beton biasa tanpa jerami 24 74 Kg pada bata beton dengan jerami ukuran 40 cm dan 26 98 Kg pada bata beton dengan subtitusi jerami ukuran 1 cm. Dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai kuat geser diagonal bata beton biasa tanpa jerami lebih besar dibandingkan dengan bata beton dengan variasi penambahan jerami. Sedangkan pada berat bata beton dengan jerami ukuran 40 cm lebih ringan daripada bata beton biasa tanpa jerami dan bata beton dengan subtitusi jerami ukuran 1 cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45260

Actions (login required)

View Item View Item