Kuat tekan pasangan dinding batako dengan variasi tepal spesi / Angger Arum Sagita - Repositori Universitas Negeri Malang

Kuat tekan pasangan dinding batako dengan variasi tepal spesi / Angger Arum Sagita

Sagita, Angger Arum (2016) Kuat tekan pasangan dinding batako dengan variasi tepal spesi / Angger Arum Sagita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sagita Angger Arum. 2016. Kuat Tekan Pasangan Dinding Batako dengan Variasi Tebal spesi. Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nindyawati S.T. M.T. (II) Ir. Edi Santoso M.T. Kata Kunci Dinding Batako Kuat Tekan Mortar Dinding merupakan pembatas antar ruangan penahan beban dan peredam bunyi. Dinding dibedakan menjadi dua yaitu dinding partisi dan dinding pengisi. Dinding partisi umumnya terbuat dari gypsum dan kayu sedangkan dinding pengisi umumnya terbuat dari pasangan batu bata merah batako atau bata ringan (hebel). Batako sebagai dinding pengisi memberikan kekuatan struktur utama bangunan sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku struktur bangunan secara keseluruhan. Batako merupakan salah satu material dinding yang mudah untuk mendapatkannya. Pemasangan dinding dengan menggunakan batako lebih cepat daripada pasangan dinding batu bata merah. Pada pasangan dinding batako terdapat mortar yang berfungsi sebagai bahan pengikat antara batako yang satu dengan yang lain. Tebal mortar atau spesi pada umumnya yaitu 1 cm sampai 2 cm. Namun pada tempat tertentu tebal spesi dapat meningkat menjadi hampir 3 cm sampai 4 cm. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh tebal spesi terhadap kuat tekan pasangan dinding batako. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas adalah variasi tebal spesi dan variabel terikat adalah kuat tekan pasangan dinding batako. Benda uji dalam penelitian ini digunakan 3 variasi yaitu DB-A DB-B dan DB-C dengan masing-masing variasi sebanyak 5 benda uji. Analisis dalam penelitian ini menggunakan anova satu jalur. Hasil dari penelitian ini (1) Hasil rata-rata pada pengujian kuat tekan pasangan dinding batako benda uji DB-A DB-B dan DB-C berturut-turut adalah 2 16 N/mm2 2 25 N/mm2 dan 2 09 N/mm2. (2) Hasil rata-rata pada perhitungan regangan pasangan dinding batako benda uji DB-A DB-B dan DB-C berturut-turut adalah 0 008 0 007 dan 0 007. (3) Variasi tebal spesi tidak begitu berpengaruh terhadap hasil regangan pada pasangan dinding batako dan intensitas pola retakan. Dalam pengujian ini pasangan dinding batako dengan tebal spesi 2 cm mempunyai nilai kuat tekan yang paling tinggi maka dari itu disarankan untuk menggunakan tebal spesi 2 cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45259

Actions (login required)

View Item View Item