Karakteristik campuran aspal ATB (Asphalt Treated Base) dengan menggunakan tambahan serbuk ban bekas ukuran serbuk no. 50 dan no. 100 / Arif Rahman Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik campuran aspal ATB (Asphalt Treated Base) dengan menggunakan tambahan serbuk ban bekas ukuran serbuk no. 50 dan no. 100 / Arif Rahman Hakim

Hakim, Arif Rahman (2016) Karakteristik campuran aspal ATB (Asphalt Treated Base) dengan menggunakan tambahan serbuk ban bekas ukuran serbuk no. 50 dan no. 100 / Arif Rahman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hakim Arif Rahman.2015. Karakteristik Campuran Aspal ATB (Asphalt Treated Base)Dengan Menggunakan Tambahan Serbuk Ban Bekas Ukuran Serbuk No. 50 dan No. 100.Skripsi Prodi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Henri Siswanto M.T. (II) Ir. Titi Rahayuningsih M.Si Kata Kunci limbahban bekas lapisan ATB parameter Marshall Sarana dan prasarana transportasi di Indonesia mengalami peningkatan seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk Indonesia hal tersebut berdampak pada faktor pendukung yaitu bidang transportasi. Hampir setiap wilayah di Indonesia tidak terlepas dari persoalan jalan rusak dikarenakan beban berlebih. Peningkatan jumlah produksi kendaraan bermotormenghasilkan limbah ban bekas yang belumdimanfaatkan secara maksimal maka perlu dilakukan penelitian yaitumengenaipemanfaatan limbah ban bekassebagai bahan tambah pada campuran aspalATB diharapkan mampu meningkatkan nilai stabilitas atau kekuatan sehingga kualitas campuran aspal menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui nilai stabilitas flow Marshallquotient VIM VMA dan VFA pada campuran aspal ATBpenambahan serbuk ban bekas sebesar 0% 0 5% 1% 1 5% 3% 4 5% 6% terhadap jumlah agregat. (2)Untuk mengetahui persen kadar penambahanserbuk ban bekas terbaik pada campuran ATB ditinjau terhadap karakteristik Marshall. Metode penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yang dilakukan yaitu tahap pemilihan bahan tahap pembuatan benda uji perkiraan kadar aspal optimum dengan kadar 4 5% 5% 5 5% 6% 6 5% tahap pembuatan benda uji penambahan serbuk ban bekas dengan kadar 0% 0 5% 1 % 1 5% 3% 4 5% 6%. Hasil dari penelitian iniadalah (1) Penggunaan serbuk ban bekas sebagai bahan tambah dalam campuran aspal ATB denganukuran No.50 dan No.100 menghasilkan nilai stabilitas yang memenuhi syarat spesifikasi minimum.Peningkatan nilai stabilitas terjadi pada kadar 0 5 % dan 1 % tetapi terjadi penurunan pada kadar 1 5% 3 % 4 5 % dan 6 %. Nilai flow meningkat seiring dengan penambahan serbuk ban bekas. Nilai VIM cenderung meningkat dengan nilai tertinggi 13 65 % nilai VMA cenderung meningkat dengan nilai tertinggi 22 86 %. Nilai MQ cenderung menurun seiring dengan penambahan serbuk ban bekas dengan nilai terendah 167 54 kg/mm dan nilai VFA menurun seiring dengan penambahan serbuk ban bekas dengan nilaiterendah 43 31 %. (2)Berdasarkan parameter Marshall diperoleh kadarpenambahan terbaik serbuk ban bekas ukuran No.50 dan No.100adalah 1%. Nilai stabilitas tertinggi yaitupada penambahan serbuk ban bekas 1% ukuran No.100 sebesar1436 02 kg nilai ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan penambahan 1% ukuran No.50 sebesar 1370 25 kg maupun tanpa penambahan serbuk ban bekas sebesar 1256 98 kg. Nilai flow VIM VMA MQ dan VFA tidak ada perbedaan yang signifikan pada penambahan serbuk ban bekas 1% ukuran No.50 1 % ukuran No.100 maupun tanpa penambahan serbuk ban bekas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45239

Actions (login required)

View Item View Item