Sisweni, Wendha Novita (2016) Pengaruh penambahan filler abu sekam padi terhadap nilai karakteristik Marshall dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS) pada campuran Hot Rolled Sheet (HRS) / Wendha Novita Sisweni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Novita Sisweni Wendha. 2015.Pengaruh Penambahan Filler Abu Sekam Padi Terhadap Nilai Karakteristik Marshall dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS) pada Campuran Hot Rolled Sheet (HRS). Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd M.T (II)Drs. H. Bambang Supriyanto S.T M.T. Kata Kunci abu sekam padi hot rolled sheet (HRS).indeks kekuatan sisa (IKS) karakteristik marshall. Banyaknya jalan raya yang mengalami kerusakan sebagian besar diakibatkan oleh konstruksi jalan yang tidak sesuai dengan pemakaian (over load) ditambah lagi dengan tingginya curah hujan di Indonesia yang mengakibatkan lepasnya ikatan aspal dengan agregat. Peneliti mencoba untuk melakukan penambahan Filler abu sekam padi terhadap Indeks Kekuatan Sisa (IKS) upaya mewujudkan usaha untuk mengurangi kerusakan jalan raya agar konstruksi jalan lebih kuat dan tahan lama dengan banyaknya bahan alternatif untuk campuran aspal. Penggunaan penambahan filler Abu Sekam Padi pada Hot Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC) memberikan keuntungan yaitu dapat mengurangi penggunaan filler Portland Cement(PC) dengan adanya kandungan silika alami yang tinggi pada Abu Sekam Padi yang memiliki aktivitas pozzolanic seperti sifat yang dimiliki pada semen. Tujuan penelitian iniyaitu 1)Mengetahui Kadar Aspal Optimum (KAO) yang menggunakan Filler PC pada campuran HRS ditinjau dari nilai karakteristik Marshall 2) Mengetahui Kadar Filler Optimum (KFO) yang menggunakan penambahan filler Abu Sekam Padi pada campuran HRS ditinjau dari nilai karakteristik Marshall 3) Mengetahui pengaruh penambahan Filler Abu Sekam Padi terhadap IKS. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan HRS-WCdengan jumlah pembagian benda uji sebanyak 42 benda uji dengan penentuan kadar aspal 6% 6 5% 7% 7 5% 8% dan 8 5%. Penentuan untuk kadar filler Abu Sekam Padi sebanyak 0% 4 5% 5 5% 6 5% 7 5% dan 8 5%. Pada perendaman IKS benda uji dibagi menjadi 2 bagian yaitu dengan perendaman selama 30 menit dan 24 jam dengan suhu 600C. Berdasarkan hasil pengujian yaitu 1) KAO pada campuran HRS-WC dengan menggunakan filler PC tanpa penambahan filler Abu Sekam Padi diperoleh KAO sebesar 8% dengan hasil stabilitas bernilai 1219 67 kg flow dengan nilai 4 77 mm VIM dengan nilai 5 71% VMA dengan nilai 26 56% VFB dengan nilai 78 66% MQ dengan nilai 260 92 kg/mm dan density dengan nilai 2 19 gr/cc 2) KFO pada campuran HRS-WC dengan menggunakan penambahan filler Abu Sekam Padi diperoleh hasil KFO sebesar 5 5% dengan hasil nilai dari stabilitas sebesar 1237 54 kg nilai flow sebesar 3 93 mm nilai VIM sebesar 5 19% nilai VMA sebesar 28 76% nilai VFB sebesar 81 98% nilai MQ sebesar 319 57 kg/mm dan nilai hasil dari density sebesar 2 20 gr/cc 3) Berdasarkan pengaruh penambahan Filler Abu Sekam Padi terhadap IKS pada campuaran HRS didapat nilai IKS sebesar 95 74% yang berarti nilai IKS pada penambahan filler Abu Sekam Padi telah memenuhi persyaratan pada Bina Marga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45237 |
Actions (login required)
View Item |