Penerapan metode drill pada pembelajaran seni budaya sub bidang seni musik untuk meningkatkan kualitas bernyanyi unisono siswa kelas vii.a SMP Negeri 2 Wilangan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode drill pada pembelajaran seni budaya sub bidang seni musik untuk meningkatkan kualitas bernyanyi unisono siswa kelas vii.a SMP Negeri 2 Wilangan

Liswanto, Hanifah Intan (2023) Penerapan metode drill pada pembelajaran seni budaya sub bidang seni musik untuk meningkatkan kualitas bernyanyi unisono siswa kelas vii.a SMP Negeri 2 Wilangan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran seni budaya sub bidang seni musik pada materi bernyanyi unisono di kelas VII.A SMP Negeri 2 Wilangan masih kurang maksimal karena banyak siswa yang tidak tuntas dengan perolehan nilai di bawah Syarat Ketuntasan Minimal (SKM). Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai materi vokal dan teknik pernapasan dengan baik dan benar. Jumlah siswa kelas VII.A yaitu sebanyak 24 siswa, dengan rincian 13 siswa dan 11 siswi. SKM mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri 2 Wilangan adalah 60. Dari 24 siswa pada tahap observasi pra siklus yang tuntas dalam pembelajaran bernyanyi unisono, yaitu sebanyak 8 (33%) siswa yang memenuhi SKM, dan yang tidak tuntas sebanyak 16 (67%) siswa yang memperoleh nilai di bawah SKM. Dalam pembelajaran, peneliti menggunakan KD 4.1 yaitu tentang “Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode drill. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Di dalam PTK ini terdapat dua siklus yang digunakan sebagai alur penelitian. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode Drill merupakan metode pilihan peneliti yang di gunakan dalam pembelajaran yaitu siswa melakukan latihan vokal mulai dari teknik-teknik vokal dan pernapasan serta menyanyikan lagu-lagu daerah secara berulang hingga mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dalam pembelajaran mampu meningkatkan kualitas bernyanyi unisono siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Wilangan. Pra siklus atau sebelum menerapkan metode drill, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa adalah 33 persen, kemudian meningkat menjadi 79 persen pada siklus I dan 92 persen pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:44
Last Modified: 10 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4523

Actions (login required)

View Item View Item