Efisiensi biaya pembakaran batu bata menggunakan bahan bakar kayu dengan bahan bakar sekam oleh Muhammad Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Efisiensi biaya pembakaran batu bata menggunakan bahan bakar kayu dengan bahan bakar sekam oleh Muhammad Nur

Nur, Muhammad (2010) Efisiensi biaya pembakaran batu bata menggunakan bahan bakar kayu dengan bahan bakar sekam oleh Muhammad Nur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan bahan bakar kayu secara berlebihan berdampak buruk pada keseimbangan alam yang ditzndai dengan penebangan hutan secara berlebihan sehinggam enyebabkanm akin berkurangd an sulitnyap engadaanka yu m enjadikan harga bahan bakar kayu.semakin mahal dan bencana banjir tentunya akan mengancam kehidupan manusia sewaktu-waktu. Hal ini akan mempengaruhi para pembuatb atu bata untuk mencarib ahana ltematif lain sebagabi ahanb akar selain ka1u yang tentunya persediaan masih melimpah dan tidak merusak keseimbangan alam. Sebagai alternatif adalah bahan bakar yang terbuat dari sekam padi. Sekam merupakanb ahanb akar yang mempunyaid aya bakar yang baik denganv olume yang cukup besar sesuai volume hasil padi dan dengan hargayang lebih murah. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahutii ngkate fisiensib iayap embakaran batu bata antaray ang menggunakanb ahanb akar kayu denganb ahanb akar sekam. Pegumpuland ata dilakukan denganc ara surveyd i dua tempat pembuatanb atu bata yaitu daerahM ojosongod an TrowulanK abupatenM ojokerto.R ancanganp enelitian diawali denganm endeskripsikaenf isiensib iaya bahanb akar dan efisiensit enaga kerja pada pembakaran batu bata yang menggunakan bahan bakar kayu dan pembakarayna ngm nggunakabna hanb akars ekam.A nalisap enelitiand ilanjutkan dengan cara membandingkan efisiensi antara pembakaran batu bata yang menggunakabna hanb akark ayu denganb ahanb akar sekamd itinjau dari biaya bahan bakard anb iayat enagak erja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya sekam lebih ekonomis dan efisien untuk digunakans ebagabi ahanb akar pembuatanb atu bata bila dibandingkan denganm enggunakakna lu dengann ilai p 0 000 0 05-S edangkabni ayat enaga kerja pembakaranb atu bata yang menggunakanb ahanb akar kayu menunjukkana da perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan biaya tenaga kerja yang menggunakabna hanb akars ekamd engann ilai p 0 002 0 005. Disarankan kepada pengrajin batu bata untuk memanfaatkan sekam sebagai bahanb akar t erutamap ada daerahy ang tidak sulit untuk mendapatkans ekam d an diusahakadne nganv olumep embakarayna ngb esar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45212

Actions (login required)

View Item View Item