Perbedaan model pembelajaran project based learning dan make a match terhadap hasil belajar menggambar teknik dasar program keahlian teknik gambar bangunan kelas X / Jawara Niky Arsyadani

Jawara Niky (2018) Perbedaan model pembelajaran project based learning dan make a match terhadap hasil belajar menggambar teknik dasar program keahlian teknik gambar bangunan kelas X / Jawara Niky Arsyadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Arsyadani, Jawara Niky. 2016. Perbedaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Kelas X. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr,R.Machmud Sugandi, S.T, M.T. (II) Drs. H. Suparno, S.T, M.T. Kata Kunci : PjBL, Make a Match, Hasil Belajar Teknik Bangunan,merupakan salah satu bidang studi yang ada di sekolah tersebut dan banyak diminati oleh masyarakat Kabupaten Tulungaung. Dalam paket keahlian yang ada Teknik Gambar Bangunan terdapat mata pelajaran kejuruan yang harus ditempuh oleh siswa kelas Sepuluh ( X ) yaitu Menggambar Teknik Dasar. Hasil observasi di SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung pada bidang studi keahlian Teknik Gambar Bangunan khususnya mata pelajaran Menggambar Teknik Dasar dapat dideskribsikan sebagai berikut : (1) metode pembelajaran menggunakan metode Make a Match, model pembelajaran Make a Match kebanyakan masih bersifat umum, sehingga siswa cenderung kurang konsentrasi dan kurang memperhatikan (2) motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran Menggambar Teknik Dasar rendah karena guru hanya memberikan berupa materi dalam handout lalu berdiskusi kelompok, (3) hasil belajar siswa yang memenuhi Kriteria Kelulusan Mengajar (KKM) hanya 30,30%, (4) media yang digunakan belum memenuhi. Hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Boyolangu khususnya mata pelajaran Menggambar Teknik Dasar masih rendah. Berdasarkan hasil tes semester 1 tahun 2015/2016 dapat diketahui bahwa dari 33 siswa terdapat 10 siswa dengan prosentase 30,30% Belum Tuntas dan 69,67% Tuntas, sehingga perlu dilakukan perbaikan. Adapun KKM Gambar Kontruksi Bangunan kelas X TGB SMK N 3 Boyolangu tahun pelajaran 2015/2016 adalah 78. Karena dalam metode pembelajaran Make a Match guru menyuruh siswa untuk berkelompok, berdiskusi namun dalam berdiskusi masih banyak siswa yang kurang antusias dalam mengerjakan dikarenakan metode pembelajarannya kurang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45207

Actions (login required)

View Item View Item