Asri, Dyah Elliana (2023) Pengembangan e-modul IPA berbasis guided inquiry-stem dengan asesmen formatif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi sistem eksresi kelas VIII. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-Modul berkonsep Inkuiri Terbimbing- STEM yang dilengkapi dengan asesmen formatif guna meningkatkan keterampilan proses sains pada materi sistem ekskresi yang layak berdasarkan hasil validasi oleh validator,praktis oleh guru dan siswa, dan efektifitas diukur dengan pretest dan posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadopsi model pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui dua jenis yang terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, digunakan tiga instrumen, yaitu angket validasi ahli, angket kepraktisan dari siswa dan guru, serta tes keterampilan proses sains. Hasil Validasi ahli oleh dosen didapatkan hasil 95,25%.Hasil angket kepraktisan oleh guru dan siswa diperoleh hasil 96,43% dan 94,77% yang tergolong Sangat Praktis. Hasil dari uji efektivitas didapatkan presentase 52,36% yang tergolong efektiv. Dari temuan tersebut E-Modul IPA berstandar acuan Inkuiri Terbimbing-STEM dan Asesmen Formatif mampu meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 07:14 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 07:14 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4520 |
Actions (login required)
View Item |