Fadhilah, Millatina (2023) Analisis kesiapan mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Mengajar Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang sebagai calon guru ditinjau dari standar kelulusan mata kuliah pengenalan lingkungan persekolahan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Kampus Merdeka Merdeka Belajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/mahasiswi untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Sehingga kemudian mahasiswa akan jauh lebih siap kerja setelah nantinya lulus dari sebuah perguruan tinggi yang tersedia. Program Kampus Mengajar adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memperkaya kompetensi mahasiswa dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat pendidikan dasar. Misi utama dalam program ini adalah mahasiswa diharapkan mampu untuk dapat mengentaskan literasi dan numerasi pada siswa di sekolah dasar dan sekolah menengahpertama yang telah ditunjuk oleh kemendibudristek. Mahasiswa PTI UM merupakan calon lulusan yang memiliki kompetensi didalam bidang engineering dan kependidikan khususnya dalam bidang vokasi keteknikan informatika. Mahasiswa PTI UM sendiri memiliki area okupansi untuk menjadi calon guru unggulan dilingkungan smk bidang keahlian teknik informatika. Saat ini dalam program MBKM kampus mengajar memiliki kepopuleran diantara mahasiswa PTI UM karena ada beberapa keuntungan jika mengikuti program ini. Salah satunya yaitu konversi setara 20 SKS salah satunya yaitu konversi mata kuliah PLP. Standar capaian lulusan mata kuliah PLP untuk mahasiswa PTI UM salah satunya yaitu dapat merancang silabus dan RPP sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku didalam Pendidikan vokasi. Hal ini berkebalikan dengan tujuan program kampusmengajar untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa pendidikan dasar. Penelitian ini akan menggunakan teknik penelitian case study kualitatif deskriptif dalam menitikberatkan wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Berdasarkan studi kasus ini penulis menciptakan judul “Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar PTI UM Sebagai Calon Guru ditinjau dari Standar Capaian Kelulusan Mata Kuliah PLP”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa PTI UM alumni Kampus Mengajar memiliki kesiapan sebagai calon guru sebelum mengikuti program merdeka belajar kampus mengajar karena sudah mendapatkan bekal dari perkuliahan. Kompetensi Pedogogi mahasiswa meningkat dari segi pelaksanaan dan evaluasi, namun secara perancangan masih belum meningkat. Untuk hasil dari kompetensi profesional mahasiswa tidak meningkat karena perbedaan penempatan sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 03:10 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 03:10 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4517 |
Actions (login required)
View Item |