Hermansyah, Winda Adelia (2023) Pengembangan E-Modul dilengkapi 3D models bermuatan discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x smk mata pelajaran dasar-dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (DDTJKT) merupakan mata pelajaran wajib ditempuh siswa program keahlian TJKT kelas X SMK untuk menambah kemampuan dasar dalam memahami komponen dan prosedur elemen TJKT. Berdasarkan analisis masalah yang dilakukan di tiga SMK Kota Malang, diketahui bahwa belum tersedia media pembelajaran yang memadai, 83,7% siswa membutuhkan visualisasi peralatan di bidang TJKT, serta 64,8% siswa sering merasa bosan, mengantuk dan kurang fokus saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang, mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa terhadap e-modul dilengkapi 3D models bermuatan discovery learning pada mata pelajaran DDTJKT. Selain itu, produk yang dihasilkan juga diharapkan dapat digunakan sebagai acuan atau bahan pertimbangan dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, dan (3) pengembangan dan implementasi, yang pada setiap tahap melibatkan proses evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa lembar observasi dan kuesioner yang terbagi menjadi kuesioner kelayakan produk dan motivasi belajar. Penelitian menghasilkan produk berupa ¬e-modul dilengkapi 3D models yang dapat diakses secara online dengan hasil penilaian ahli media sebesar 95.50% atau sangat layak, penilaian ahli materi sebesar 97,20% atau sangat layak, uji coba kelompok kecil sebesar 89,93% atau sangat layak, dan uji coba kelompok besar sebesar 91,72% atau sangat layak. Pengukuran motivasi belajar siswa memperoleh skor gain sebesar 0,63 atau kategori peningkatan sedang, dari yang awalnya 72,99% dalam kategori tinggi menjadi 90,10% dalam kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:18 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 04:18 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4516 |
Actions (login required)
View Item |