Media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata kuliah pengantar teknologi informasi untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata kuliah pengantar teknologi informasi untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang

Priono, Prasetio Bagus Dwi (2023) Media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata kuliah pengantar teknologi informasi untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia semakin berkembang sejalan dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Proses pembelajaran yang memanfaatkan pengembangan teknologi dalam media pembelajaran memiliki andil dalam menyampaikan materi dengan fungsi atensi, afektif, kognitif, dan kompesatori. Pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi, media pembelajaran dapat membantu mahasiswa untuk memahami komponen perangkat keras komputer. Permasalahan yang didapatkan setelah wawancara pada dosen pengampu mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi adalah untuk kurang aktif mahasiswa dan terbatasnya komponen yang tersedia. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, peneliti tertarik membuat media pembelajaran berbasis Augmented Reality dalam menyokong proses belajar dengan penggambaran objek secara visual. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kesesuaian media pembelajaran berbasis Augmented Reality mata kuliah pengantar teknologi informatika pertemuan ke tujuh untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika. Metode yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality ini menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah dalam model ADDIE meliputi: (1) Analyze (pengkajian), (2) Design (perancangan), (3) Development (pembuatan), (4) Implementation (pelaksanaan), dan (5) Evaluation (penilaian). Validasi dilakukan oleh Validator Ahli Materi dan Ahli Media, kemudian dilakukan pengujian kelayakan pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Instrumen yang digunakan merupakan angket kelayakan dan motivasi menghasilkan data kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan penyebaran angket kuesioner. Hasil dari pengembangan media pembelajaran menggunakan Augmented Reality pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Analisis kelayakan pada validasi materi sebesar 77,86%, validasi media sebesar 93,27%, uji coba responden sebesar 90,28%, dan uji motivasi sebesar 86,37% hasil dari motivasi belajar dikategorikan tinggi dan dinyatakan menumbuhkan motivasi belajar. Kesimpulan dari pengembangan media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality dapat digunakan sebagai pembantu dalam proses pembelajaran serta dapat menumbuhkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:17
Last Modified: 11 Oct 2023 07:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

View Item View Item