Pengembangan model pembelajaran kooperatif stadtus (kolaborasi Stad dengan tutor sebaya) dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN Klojen Malang / Veny Yohan Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran kooperatif stadtus (kolaborasi Stad dengan tutor sebaya) dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN Klojen Malang / Veny Yohan Sari

Sari, Veny Yohan (2014) Pengembangan model pembelajaran kooperatif stadtus (kolaborasi Stad dengan tutor sebaya) dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN Klojen Malang / Veny Yohan Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Veny Yohan. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif STADTUS (Kolaborasi STAD Dengan Tutor Sebaya) Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V Di SDN Klojen Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M. Pd dan (II) Henry Praherdhiono S. Si. M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif STADTUS IPA Sekolah Dasar 12288 12288 12288 12288 Pengembangan model pembelajaran kooperatif STADTUS (kolaborasi STAD dengan Tutor Sebaya) ini merupakan suatu pemaduan model pembelajaran kooperatif yang berlandaskan kerjasama tim dipimpin oleh tutor sebaya guna mencapai tujuan pembelajaran. Kelompok terdiri dari 4-5 siswa yang dibentuk secara heterogen terdiri dari siswa yang berkemampuan tinggi sedang dan rendah.Kondisi nyata pada pelaksanaan pembelajaran IPA di SDN Klojen Malang yang cenderung menggunakan satu model pembelajaran saja sehingga menimbulkan pembelajaran yang monoton serta membuat siswa cenderung bosan dan tidak fokus.Oleh karena itu model pembelajaran ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam pembelajaran. Siswa akan merasa senang belajar secara berkelompok dengan bantuan tutor sebaya siswa akan berani untuk berpendapat atau bertanya terkait hal yang belum dimengerti. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran kooperatif STADTUS (kolaborasi STAD dengan Tutor Sebaya) sebagai suatu inovasi pembelajaran untuk pembelajaran IPA SD.Dengan subyek uji coba berjumlah 30 siswa di SDN Klojen Malang.Jenis data yang digunakan adalah kualitatif yang bersumber dari angket yang diisi oleh ahli desain pembelajaran ahli materi dan siswa.Serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yaitu pre tes dan pos tes guna mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan data validasi dari ahli desain pembelajaran dengan persentase sebesar 87% dengan kategori sangat valid data validasi ahli materi dengan persentase sebesar 95% dengan kategori sangat valid validasi responden siswa pada uji kelompok kecil dengan persentase sebesar 78 3% dengan kategori valid dan validasi uji lapangan dengan persentase 84 85% dengan kategori sangat valid. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif STADTUS (Kolaborasi Tipe STAD dengan Tutor Sebaya) pada pokok bahasan penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya untuk siswa kelas V SDN Klojen Malang dikatakan valid dan layak diterapkan dalam pembelajaran.Selain itu dengan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Sekolah Dasar.Saran pengembangan ini adalah (1) Bagi guru diharapkan menerapkan model ini dalam pembelajaran di kelas. (2) Bagi siswa diharapkan lebih percaya diri akan kemampuannya apabila ditunjuk sebagai tutor dan siswa lain memperhatikan ketika tutor menjelaskan. (3) Bagi pengembang selanjutnya diharapkan menciptakan alternatif assessmen selain tes. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item