Pengaruh supervisi pengajaran oleh kepala sekolah terhadap kemampuan profesional guru sekolah dasar negeri se-kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Firsta Restianing Clara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh supervisi pengajaran oleh kepala sekolah terhadap kemampuan profesional guru sekolah dasar negeri se-kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Firsta Restianing Clara

Firsta Restianing (2013) Pengaruh supervisi pengajaran oleh kepala sekolah terhadap kemampuan profesional guru sekolah dasar negeri se-kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Firsta Restianing Clara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Clara Firsta Restianing. 2013. Pengaruh Supervisi Pengajaran oleh Kepala Sekolah terhadap Kemampuan Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si (II) Raden Bambang Sumarsono S.Pd M.Pd. Kata kunci supervisi pengajaran kemampuan profesional guru Proses pendidikan yang berkualitas tentu dikelola oleh orang-orang yang berkualitas pula baik yang menangani aspek manajemen maupun aspek pembelajarannya. Penyelenggaraan dan peningkatan pendidikan tidak selalu sesuai dengan apa yang diharapkan. Ada aspek yang terkadang kurang atau bahkan tidak dilaksanakan padahal semua aspek dalam pendidikan saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Apabila ada aspek yang kurang sistem pendidikan tidak akan berjalan efektif dan efisien. Agar semua aspek dapat berjalan efektif perlu ada kegiatan yang berfungsi untuk memantau serta memperbaiki aspek-aspek yang kurang dalam suatu sistem pendidikan yang dalam proses manajemen disebut dengan supervisi. Kepala sekolah sebagai supervisor memiliki tugas untuk memberikan bantuan dalam mengembangkan dan meningkatkan keprofesionalan guru mengembangkan situasi belajar yang lebih baik dan menilai kemampuan guru dalam mengajar serta melakukan perbaikan dari kesalahan guru untuk diperbaiki. Kepala sekolah harus mampu melakukan supervisi baik terhadap sekolah secara umum maupun kegiatan mengajar guru di kelas. Tugas kepala sekolah sebagai supervisor tersebut adalah memberi bimbingan bantuan dan pengawasan serta penilaian pada masalah-masalah yang berhubungan dengan teknis penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan perbaikan program pengajaran dan kegiatan-kegiatan yang dapat menciptakan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa tinggi tingkat pelaksanaan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah (2) seberapa tinggi kemampuan profesional guru dan (3) seberapa besar pengaruh supervisi pengajaran oleh kepala sekolah terhadap kemampuan profesional guru Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat pelaksanaan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah (2) untuk mengetahui tingkat kemampuan profesional guru dan (3) untuk mengetahui pengaruh supervisi pengajaran oleh kepala sekolah terhadap kemampuan profesional guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 132 orang guru dengan sampel 99 guru yang diambil berdasarkan Tabel Krejcie dan Morgan dan menggunakan teknik proportional random sampling untuk perhitungan sampel masing-masing sekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) tingkat pelaksanaan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah termasuk dalam kategori tinggi (2) kemampuan profesional guru berada dalam kategori tinggi dan (3) supervisi pengajaran oleh kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap ii kemampuan profesional guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Implikasi penelitian ini adalah (1) Supervisi pengajaran sebagai salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik diusahakan agar dipenuhi dengan baik oleh kepala sekolah mengingat perannya sebagai seorang supervisor dan (2) Guru profesional adalah guru yang tidak hanya mampu memberikan materi kepada peserta didik tetapi juga memiliki kemampuan untuk memberikan pemahaman peserta didik untuk mengaplikasikan materi yang telah diperoleh ke dalam kehidupan bermasyarakat. Kemampuan merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran juga menjadi sangat penting mengingat guru adalah individu yang akan membawa peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan. Saran penelitian ini ditujukan kepada (1) Kepala SDN se-Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan hendaknya mempertahankan kualitas dan kuantitas pelaksanaan supervisi pengajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional kinerja dan mutu pengajaran guru (2) Guru SDN se-Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan hendaknya mempertahankan hubungan dan komunikasi dengan kepala sekolah sebagai supervisor dalam peningkatan proses belajar mengajar baik pada perencanaan pelaksanaan dan pengevaluasian hasil pembelajaran (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya bisa dijadikan tambahan referensi dan kajian ilmu yang relevan guna kemajuan dan peningkatan kualitas perkuliahan khususnya di bidang supervisi pendidikan terkait dengan supervisi pengajaran dan (4) Peneliti lain hendaknya bisa menggunakan ini sebagai acuan dalam penelitian tentang supervisi pengajaran dan kemampuan profesional guru tentunya menggunakan variabel teknik dan instrumen yang lebih baik dan sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4483

Actions (login required)

View Item View Item