Widyasari, Riztika (2014) Pengembangan multimedia interaktif tentang sel tumbuhan pada mata kuliah anatomi tumbuhan semester gasal program studi pendidikan biologi di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi / Riztika Widyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Widyasari Riztika. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif tentang Sel Tumbuhan pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan Semester Gasal Program Studi Pendidikan Biologi Di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Zainul Abidin M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto ST MT Kata Kunci pengembangan multimedia interaktif anatomi tumbuhan sel tumbuhan Multimedia interaktif adalah suatu media yang memadukan berbagai komponen seperti video gambar teks animasi dan suara serta dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna. Oleh karena itu multimedia interaktif merupakan salah satu alternatif media yang berguna dalam dunia pendidikan khususnya untuk membantu proses pembelajaran. Multimedia dapat digunakan secara langsung sesuai dengan jenis tujuan jenis materi dan pengalaman belajar peserta didik pada media yang digunakan serta peserta didik dapat berperan aktif dalam aktifitas pembelajaran. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif menguji tingkat kevalidan/kelayakan dan mengetahui tingkat keefektifan multimedia interaktif untuk mahasiswa semester gasal program studi Pendidikan Biologi. Produk multimedia pembelajaran interaktif ini dikembangkan dan diuji coba di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi pada kompetensi dasar bagian dan fungsi organel pada sel tumbuhan. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran ini melalui beberapa tahap sesuai dengan model Sadiman yaitu 1) Identifikasi kebutuhan 2) Perumusan tujuan 3) Perumusan butir - butir materi 4) Perumusan alat pengukur keberhasilan 5) Menyusun naskah/storyboard 6) Produksi 7) Menyusun petunjuk pemanfaatan 8) Validasi dan 9) Revisi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada satu ahli media satu ahli materi uji coba perorangan dengan 2 mahasiswa uji coba kelompok kecil dengan 5 mahasiswa uji coba lapangan dengan 15 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah Anatomi Tumbuhan. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan skor dari validasi ahli media 87 27% validasi ahli materi 88 75% uji coba perorangan 92 23% uji coba kelompok kecil 90 67% uji coba lapangan 90 11% dan uji hasil belajar rata-rata pretest (63 4 %) dan post test (93 4 %) peningkatan hasil belajar secara keseluruhan dengan persentase (30%). Hasil pengembangan multimedia interaktif telah direvisi meliputi (1) mengubah bentuk dan ukuran font (2) menambahkan animasi dan video. Saran pengembangan selanjutnya dalam pengembangan multimedia interaktif ini hendaknya dikembangkan lagi sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/448 |
Actions (login required)
View Item |