Analisis kesalahan siswa MTs dalam menyelesaikan soal literasi matematika materi aritmatika sosial berdasarkan gender ditinjau dari perbedaan gender - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa MTs dalam menyelesaikan soal literasi matematika materi aritmatika sosial berdasarkan gender ditinjau dari perbedaan gender

Isnaini, Ananta Maura (2023) Analisis kesalahan siswa MTs dalam menyelesaikan soal literasi matematika materi aritmatika sosial berdasarkan gender ditinjau dari perbedaan gender. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran atau informasi tentang kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika materi aritmatika sosial ditinjau dari perbedaan gender serta faktor penyebab yang membuat siswa melakukan kesalahan menurut Polya. Langkah dalam menyelesaikan masalah menurut Polya terdiri dari memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan melibatkan partisipan sebanyak 35 siswa kelas VII MTs Maarif Miftahul Huda Turen yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes literasi matematika dan lembar wawancara. Hasil yang diperoleh adalah persentase siswa laki–laki yang melakukan kesalahan dalam memahami soal sebesar 47%, kesalahan dalam menyusun rencana sebesar 17% dan kesalahan dalam melaksanakan rencana sebesar 24% serta untuk persentase kesalahan dalam memeriksa kembali solusi yang diperoleh sebesar 26%. Sedangkan persentase siswa perempuan yang melakukan kesalahan memahami soal sebesar 35%, menyusun rencana sebesar 26%, melaksanakan rencana sebesar 13% serta untuk persentase kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh sebesar 20%. Kesalahan dalam memahami masalah merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa laki-laki dan perempuan, sehingga kesalahan tersebut berpengaruh pada penyelesaian tahap selanjutnya. Sedangkan kesalahan dalam menyusun rencana adalah kesalahan terkecil yang dilakukan siswa laki-laki, dan kesalahan dalam melaksanakan rencana adalah kesalahan dengan persentase terkecil yang dilakukan oleh siswa perempuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan gender mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk soal literasi matematika. Setelah dilakukan tes, siswa yang melakukan kesalahan sesuai dengan indikator menurut Polya dipilih sebanyak 4 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan untuk dilakukan wawancara. Hal ini dilakukan untuk memperoleh informasi penyebab kesalahan yang siswa lakukan dalam menyelesaikan masalah. Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah literasi matematika yaitu; 1) kurang memahami soal, 2) kurang memahami konsep yang digunakan, 3) kurang membaca soal secara menyeluruh, 4) kurang teliti dalam melakukan perhitungan, dan 5) kurang memeriksa kembali solusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:58
Last Modified: 10 Oct 2023 02:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4474

Actions (login required)

View Item View Item