Pengembangan soal open-ended bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas viii untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan soal open-ended bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas viii untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa

Ulya, Addini Safitri Nurul (2023) Pengembangan soal open-ended bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas viii untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal open-ended bernuansa etnomatematika, yang memuat materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, efektif, dan memenuhi uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, serta untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa melalui soal tersebut. Kemampuan berpikir kreatif diukur berdasarkan 4 indikator, yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 4 tahap, dan melibatkan sebanyak 22 siswa kelas VIII-G dari salah satu SMPN di Kabupaten Malang sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini yaitu soal yang sangat valid dengan skor 3,55, praktis dengan skor 78,79%, dan efektif dengan skor 0,77. Selain itu, diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan indikatornya yakni 72% fluency, 73% flexibility, 59% originality, dan 59% elaboration.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:05
Last Modified: 10 Oct 2023 03:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4471

Actions (login required)

View Item View Item