Studi kualitas akustik ruang seminar di Universitas Negeri Malang ditinjau dari waktu dengung (reverberation time) / Puguh Prasetiyo

Puguh (2011) Studi kualitas akustik ruang seminar di Universitas Negeri Malang ditinjau dari waktu dengung (reverberation time) / Puguh Prasetiyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: kualitas akustik, ruang seminar, waktu dengung (reverberation time). Universitas Negeri Malang mempunyai delapan ruang seminar dengan kondisi fisik yaitu volume, jenis, dan luasan bahan penyusun ruang yang berbeda-beda, sehingga menyebabkan kualitas akustik ruang tersebut berbeda-beda pula. Untuk mengetahui kulitas akustik dari masing-masing ruang dilakukan melalui cara menghitung waktu dengung dengan indikator volume ruang dan total luas bahan penyusun ruang. Hasil kajian ini dapat digunakan sebagai salah satu evaluasi ulang kualitas akustik di Universitas Negeri Malang. Kualitas Akustik ruang diprediksi berdasakan waktu dengung. Waktu dengung dihitung dari rasio volume ruang terhadap total luas serapan bahan penyusun ruang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan populasi dan sampel sebanyak delapan ruang seminar yang diambil secara sampling sensus atau sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Analisa data untuk mendapatkan kualitas akustik dilakukan dengan cara mengkonversi waktu dengung ke kualitas akustik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja akustik dari delapan ruang seminar bervariasi: (1) Lima ruang memiliki kinerja akustik yang baik, karena berada dalam standar waktu dengung 0,8 &#8804; RT < 1,4 detik. Ruang tersebut adalah ruang AVA teknik sipil (D9) dengan nilai waktu dengung 1,184 detik, ruang aula FIP (E1) dengan nilai waktu dengung 1,127 detik, ruang aula perpustakaan pusat dengan nilai waktu dengung 1,175 detik, ruang aula FE(E3) dengan nilai waktu dengung 1,197 detik, dan ruang aula utama (A3) dengan nilai waktu dengung 1,396 detik. (2) Dua ruangan memiliki kinerja akustik baik tetapi lemah, karena masuk dalam standar waktu dengung 1,4 &#8804; RT &#8804; 2 detik. Dua ruang tersebut adalah ruang aula sastra (E8) dengan nilai waktu dengung 1,560 detik dan ruang aula FMIPA (O1) dengan nilai waktu dengung 1,665 detik. (3) Satu ruang memiliki kinerja akustik yang tidak baik karena berada di luar standar waktu dengung 0,8 > RT > 2 detik. Ruang tersebut adalah ruang aula teknik (H5) dengan nilai waktu dengung 2,339 detik. Saran untuk meningkatkan kualitas akustik yaitu penataan ulang ruangan untuk menambahkan bahan penyusun ruang yang mempunyai koefisien penyerapan bunyi yang besar sehingga dapat meningkatkan kinerja akustik ruang. Untuk para perencana bangunan khususnya dalam merencanakan ruang yang memerlukan perilaku akustik harus sangat memperhatikan volume ruang, luasan, dan material penyusun ruang supaya mendapatkan kualitas akustik yang sesuai dengan standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44684

Actions (login required)

View Item View Item