Analisis kebutuhan parkir sepeda motor Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Agil Fitri Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan parkir sepeda motor Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Agil Fitri Handayani

Agil Fitri (2010) Analisis kebutuhan parkir sepeda motor Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Agil Fitri Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kebutuhan parkir sepeda motor dan Fakultas Sastra. Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri Universitas Negeri Malang memiliki jumlah mahasiswa yang besar. Hal ini menyebabkan tingginya kebutuhan lahan parkir sepeda motor dalam kampus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik parkir sepeda motor Fakultas Sastra mengetahui kebutuhan ruang parkir yang seharusnya tersedia dan menentukan langkah langkah penanganan yang diperlukan guna mengatasi masalah perparkiran yang terjadi. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan mencatat plat nomor kendaraan yang masuk dan keluar area parkir. Penelitian dilakukan selama tiga hari Senin 5 April Selasa 6 April dan Rabu 7 April 2010 selama 11 jam setiap harinya (06.00 17.00 WIB) mewakili hari efektif kegiatan akademik di kampus. Hasil penelitian di lapangan diketahui akumulasi parkir maksimum terjadi pada hari Rabu sebanyak 691 kendaraan dengan durasi parkir rata rata 3 jam 50 menit. Angka pergantian (parking turnover) tertinggi sebesar 2 84 kendaraan per petak parkir dengan indeks parkir 133 91 % . Indeks parkir melebihi 100% terjadi selama 5 jam 45 menit pada pukul 07.16 13.00 WIB. Luas efektif lahan parkir yang tersedia 775 28 m2 (516 SRP) memenuhi 74 67% kebutuhan ruang parkir kendaraan ruang parkir yang seharusnya tersedia sebesar 691 SRP sepeda motor dengan luas lahan efektif 1036 50 m2. Dengan demikian ruang parkir yang tersedia sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan parkir kendaraan. Alternative penanganan masalah perparkiran yang terjadi antara lain dengan perluasan lahan parkir pengaturan letak kendaraan penerapan tarif progresif pengaturan jadwal kuliah pengaturan nomor polisi ganjil genap dan penerapan sistem two in one. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disarankan (1) bagi pengelola parkir Universitas Negeri Malang harus segera melakukan penanganan agar masalah perparkiran yang terjadi dapat segera teratasi (2) sebagai tindak lanjut dari manajemen parkir yang diterapkan harus dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kelemahan kelemahannya dan (3) agar dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan parkir pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44671

Actions (login required)

View Item View Item