Bramanti Syarif (2010) Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa pada mata diklat konstruksi beton program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Bramanti Syarif Hidayatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci minat belajar lingkungan sosial cita-cita kesiapan bakat penunjang pendidikan Minat belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya lingkungan sosial cita-cita kesiapan bakat dan penunjang pendidikan. Minat merupakan hal yang penting dalam proses belajar-mengajar. Seorang siswa yang belajar dengan adanya minat akan termotivasi dalam mengerjakan sesuatu bidang yang digelutinya. Sedangkan siswa yang belajar tanpa adanya minat akan sulit untuk mencapai suatu keberhasilan karena tidak memiliki gairah melainkan hanya keterpaksaan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi minat belajar siswa pada Mata Diklat Konstruksi Beton di SMK Negeri 6 Malang (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada Mata Diklat Kontruksi Beton di SMK Negeri 6 Malang dan (3) Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat belajar siswa Mata Diklat Konstruksi Beton di SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 6 Malang angkatan 2009/2010. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel populasi. Jumlah sampel populasi sebesar 88 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) minat belajar siswa berada kriteria cenderung rendah (2) faktor lingkungan sosial faktor cita-cita faktor kesiapan faktor bakat dan faktor penunjang pendidikan menjadi penyebab rendahnya minat belajar (3) faktor yang paling dominan penyebab rendahnya minat belajar adalah faktor cita-cita kemudian disusul faktor bakat faktor penunjang pendidikan faktor lingkungan sosial dan yang terakhir adalah faktor kesiapan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) kepada guru untuk meningkatkan pengarahan cita-cita siswa pada bidang teknik sipil (2) bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti serta bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44668 |
Actions (login required)
View Item |