Evaluasi kinerja trayek pada angkutan kota Arjosari-Mergosono-Gadang (AMG) Kota Malang / Andi Novan Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kinerja trayek pada angkutan kota Arjosari-Mergosono-Gadang (AMG) Kota Malang / Andi Novan Setiawan

Andi Novan (2009) Evaluasi kinerja trayek pada angkutan kota Arjosari-Mergosono-Gadang (AMG) Kota Malang / Andi Novan Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kenyataan di lapangan angkutan umum jalur AMG ini sering menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat selain itu banyak lagi yang menyebabkan pergerakan transportasi terganggu diantaranya (1) tidak mentaati rambu-rambu lalu lintas (2) ngetem di sembarang tempat (3) memperlambat perjalanan di tempat yang padat dan (4) berhenti mendadak sehingga mengganggu laju mobil maupun sepeda motor di belakangnya. Angkutan umum jalur AMG yang ngetem di sembarang tempat serta memperlambat perjalanan akan mempengaruhi waktu tunggu penumpang waktu perjalanan serta kecepatan perjalanan. Melihat kondisi tersebut maka perlu adanya suatu analisa mengenai kinerja angkutan umum untuk trayek AMG. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja angkutan umum jalur AMG. Pengambilan data yang digunakan untuk penelitian ini diantaranya (1) survei on Board yaitu untuk mendapatkan jumlah naik turunnya penumpang jumlah penumpang waktu perjalanan dan hambatan perjalanan (2) survei off Board untuk mendapatkan jumlah penumpang dan headway (3) lay over time untuk mendapatkan waktu henti angkutan di terminal. Penelitian dilakukan mulai 06.00-18.00. Selain data riel di lapangan yang digunakan dalam penelitian ini ada juga data pendukung yang diperlukan diantaranya (1) panjang rute (2) jumlah angkutan dan (3) rute angkutan umum. Hasil penelitian ini diperoleh (1) waktu tunggu penumpang rata-rata dari terminal Arjosari ke terminal Gadang adalah 0 32 menit dan dari terminal Gadang ke terminal Arjosari adalah 0 26 menit (2) waktu perjalanan rata-rata dari terminal Arjosari ke terminal Gadang 39 54 menit dan dari terminal Gadang ke terminal Arjosari 44 03 menit (3) kecepatan rata-rata dari terminal Arjosari ke terminal Gadang adalah 18 km/jam dan untuk arah terminal Gadang ke terminal Arjosari adalah 20 km/jam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja angkutan umum jalur AMG perlu perbaikan terutama dari sisi headway waktu tunggu penumpang dan waktu henti di terminal. Saran tentang penelitian angkutan umum jalur AMG adalah perlu penataan jadwal keberangkatan angkutan umum sehingga nantinya tidak berimbas pada waktu tunggu penumpang waktu perjalanan serta kecepatan kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44602

Actions (login required)

View Item View Item