Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X pada mata diklat gambar proyeksi bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / A'an Puspita

A'an (2009) Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X pada mata diklat gambar proyeksi bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / A'an Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita, AÔÇÖan. 2008. Hubungan antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Diklat Gambar Proyeksi Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd., (II) Drs. Bambang Widarta, M.T. Kata kunci: minat belajar, prestasi belajar. Seorang guru perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat mendukung peningkatan prestasi belajar siswa. Diantara faktor yang mendukung adalah minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa, dan diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai dasar dalam merancang metode pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang sebanyak 72 siswa yang sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sensus sampling. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan korelasi Product Moment Pearson dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data tentang minat belajar menunjukkan sebanyak 30 siswa (41,7%) memiliki minat belajar tinggi, 39 siswa (54,2%) memiliki minat belajar sedang, dan 3 siswa (4,2%) memiliki minat belajar rendah dengan skor rata-rata minat belajar siswa sebesar 71,667 pada kategori sedang. Sedangkan pada data prestasi belajar menunjukkan sebanyak 17 siswa (23,6%) memiliki prestasi belajar tinggi, dan 52 siswa (72,2%) memiliki prestasi belajar sedang, dan 3 siswa (4,2%) memiliki prestasi belajar rendah dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 82,46 pada kategori sedang. Hasil korelasi Product Moment Pearson dengan program SPSS untuk menguji hipotesis menunjukkan bahwa harga r = 0,274 pada p = 0,02 < 0,05. Ada hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar. Adapun kekuatan hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa tergolong lemah. Mengingat hasil penelitian menujukkan bahwa hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang tetapi kekuatan korelasinya lemah, maka disarankan agar penelitian lebih lanjut menggunakan variabel-variabel yang masih belum diteliti antara lain tingkat kecerdasan (IQ), bakat, motivasi, kurikulum, sarana dan prasarana, serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44601

Actions (login required)

View Item View Item