Hidayati, Siti Nurul (2023) Pengembangan Model Pembelajaran ISOCC (Intiation, Select, Organize, Create,Communicate) Untuk Membelajarkan Literasi Informasi Dan Keterampilan Argumentasi Kimia Mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Literasi informasi dan keterampilan argumentasi merupakan sebuah keterampilan yang sangat penting di era informasi yang luar biasa ini. Literasi informasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki untuk bisa menemukan, mengevaluasi dan juga menggunakan informasi dengan bijak untuk membangun sebuah pengetahuannya. Informasi yang valid sangat dibutuhkan dalam pemecahan masalah baik akademis maupun kehidupan sehari-hari. Kedua keterampilan ini saling berhubungan satu dengan yang lain dan tidak bisa dipisahkan. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan sebuah model pembelajaran yang valid, praktis dan juga efektif dalam membelajarkan literasi informasi dan keterampilan argumentasi kimia mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 pendidikan Sains Unesa pada angkatan tahun 2020. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021-2022 pada mata kuliah kimia rumah tangga dengan menggunakan satu kelas kontrol dengan jumlah partisipan 31 mahasiswa dan satu kelas eksperimen dengan jumlah partisipan 28 orang mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui keterampilan literasi informasi yang diadaptasi dari Shao & Purpur dan Chatzilia & Sylaiou, sedangkan keterampilan argumentasi ilmiah menggunakan instrumen yang diadaptasi dari Bulgren, Ellis, & Marquis. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk melihat peningkatan literasi informasi dan keterampilan argumentasi kimia mahasiswa. Selanjutnya dilakukan uji korelasi dan uji analisis kovarian untuk melihat pengaruh model pembelajaran yang diberikan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan hasil V Aiken dinyatakan sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian terhadap keterlaksanaan pembelajaran, angket respon mahasiswa dan dosen, dinyatakan memiliki kepraktisan dengan kriteria keterlaksanaan sangat baik. Hasil keefektifan dilihat berdasarkan hasil peningkatan keterampilan literasi dan peningkatan keterampilan argumentasi kimia mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan pada hasil kedua keterampilan ini. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa model ISOCC yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan juga efektif untuk membelajarkan literasi informasi dan keterampilan argumentasi kimia mahasiswa. Perangkat yang dikembangkan juga dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam membelajarkan literasi informasi dan keterampilan argumentasi kimia mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S3 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 01:42 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 01:42 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4455 |
Actions (login required)
View Item |