Pengembangan Strategi Pembelajaran Issue Exploration, Conceptualization, Argumentation, Design, and Exchange (ICADE) untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital dan Keterampilan Berargumentasi Lisan Serta Tulis Mahasiswa Kimia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Strategi Pembelajaran Issue Exploration, Conceptualization, Argumentation, Design, and Exchange (ICADE) untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital dan Keterampilan Berargumentasi Lisan Serta Tulis Mahasiswa Kimia

Putri, Putu Anindita Widhiya (2023) Pengembangan Strategi Pembelajaran Issue Exploration, Conceptualization, Argumentation, Design, and Exchange (ICADE) untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital dan Keterampilan Berargumentasi Lisan Serta Tulis Mahasiswa Kimia. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya keterlibatan mahasiswa kimia dalam kegiatan diskusi argumentatif di kelas, kecenderungan untuk menjadi pasif dan memberikan jawaban yang tidak utuh atas suatu permasalahan kompleks yang menyangkut kimia, penggunaan sumber informasi yang tidak kredibel sebagai data penyelesaian tugas kuliah, serta kerentanan akan paparan misinformasi merupakan permasalahan-permasalahan yang perlu disoroti dalam pembelajaran kimia di pendidikan tinggi dan berbagai jenjang pendidikan lainnya. Dampak pengiring yang terjadi apabila keadaan-keadaan tersebut tidak ditindak adalah mahasiswa kimia dapat kehilangan berbagai keterampilan penting yang harus dimiliki untuk dapat berhasil di era digital abad ke-21, seperti keterampilan berliterasi digital dan berargumentasi ilmiah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan solusi untuk dapat membuat budaya pembelajaran di dalam kelas dapat menunjang keterampilan berliterasi digital dan berargumentasi ilmiah mahasiswa, yaitu melalui pengembangan suatu strategi pembelajaran yang secara eksplisit dikembangkan untuk melatihkan keterampilan-keterampilan tersebut. Pengembangan strategi pembelajaran dilakukan berdasarkan alur Plomp & Nieveen (2013), melalui (1) identifikasi masalah dan studi pendahuluan, (2) pengembangan dan implementasi produk strategi pembelajaran, dan (3) evaluasi efektivitas produk pengembangan. Berdasarkan ketiga tahapan tersebut, dihasilkan sebuah produk final berupa Strategi Pembelajaran Issue Exploration, Conceptualization, Argumentation, Design, and Exchange (ICADE)beserta dengan perangkat pembelajarannya yang dinyatakan praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berliterasi digital dan berargumentasi ilmiah mahasiswa. Strategi pembelajaran ICADE yang berhasil dikembangkan memiliki tujuh kegiatan atau fase di dalam sintaksnya, meliputi explore, brainstorm, solve, argue, design (digital content creation), exchange, dan revise. Kegiatan brainstorm dan solve terkategori ke dalam kegiatan pembentukan konsep (concept formation), kemudian kegiatan exchange dan revise terkategori ke dalam kegiatan exchange. Kepraktisan strategi pembelajaran ICADE diperoleh melalui penilaian validitas dan keterlaksanaannya di dalam pembelajaran kimia. Lebih lanjut, uji efektivitas strategi pembelajaran ICADE dilaksanakan di Universitas Negeri Malang, meliputi 88 mahasiswa calon sarjana pendidikan kimia tahun pertama. Mahasiswa yang menjadi partisipan penelitian dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok yang memperoleh strategi pembelajaran ICADE, strategi pembelajaran ADI, dan pembelajaran interaktif (kontrol). Pengujian melibatkan pengumpulan data kuantitatif yang diperoleh dari tes literasi digital two-tier (reliabilitas, r= 0,947) dan tes argumentasi ilmiah (r= 0,810); sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi, transkrip rekaman diskusi argumentatif lisan, dan wawancara. Keterpercayaan hasil penelitian juga telah dijamin melalui triangulasi data dan kesepakatan rater (interrater reliability). Secara kesuluruhan, uji efektivitas menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ICADE yang dikembangkan berhasil meningkatkan keterampilan berliterasi digital dan berargumentasi ilmiah mahasiswa secara efektif, dengan nilai effect size yang tergolong besar. Berdasarkan hasil uji efektivitas yang merupakan penutup dari rangkaian pengembangan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran ICADE dapat digunakan secara luas oleh peneliti dan pengajar untuk meningkatkan keterampilan berliterasi digital dan berargumentasi ilmiah mahasiswa, yang mencakup keterampilan berargumentasi tertulis dan lisan. Strategi pembelajaran ICADE dapat digunakan pada sebagian besar bidang pelajaran selama memenuhi dua syarat, yaitu ketersediaan akses ke platform digital dan topik/ bab/ materi yang relevan dengan permasalahan SSI/ SDGs yang pernah dan/atau sedang terjadi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S3 Pendidikan Kimia
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:44
Last Modified: 06 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4454

Actions (login required)

View Item View Item