Pengembangan multimedia berbasis video mata pelajaran konstruksi bangunan pada kompetensi konstruksi pondasi kelas XI SMK Negeri 2 Probolinggo / Nor Taufik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia berbasis video mata pelajaran konstruksi bangunan pada kompetensi konstruksi pondasi kelas XI SMK Negeri 2 Probolinggo / Nor Taufik

Taufik, Nor (2019) Pengembangan multimedia berbasis video mata pelajaran konstruksi bangunan pada kompetensi konstruksi pondasi kelas XI SMK Negeri 2 Probolinggo / Nor Taufik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Taufik Nor. 2018. Pengembangan Multimedia Berbasis Video Matapelajaran Konstruksi Bangunan Pada Kompetensi Konstruksi Pondasi Kelas XI Smk Negeri 2 Probolinggo. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Priyono M Pd. Kata Kunci Multimedia Pembelajaran Perencanaan KonstruksiPondasi SMK Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada KompetensiMenggambarKonstruksiPondasi. 2). Mengetahui kelayakan Multimedia Pada KompetensiMenggambarKonstruksiPondasi Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R D) denganmengikuti model pengembangan Borg Gall (1983). Pada tahap pengembanganbentuk awal produk dilakukan validasi oleh satu ahli materi satu orang ahlimedia dan satu praktisi pembelajaran Utilittas Bangunan. Modul ini diujicobakan kepadasiswa dalam tahap uji coba lapangan (30 siswa). Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperolehdari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan Multimedia melewati 8 tahap pengembangan yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi tahap perencanaan tahap pengembangan bentuk awal produk tahap revisi hasil bentuk awal produk tahap uji cobalapangan tahap revisi produk akhir tahap produk akhir dan penyebaran.Kelayakan Multimedia berbasis video pada KonstruksiPondasi ditinjau berdasarkan penilaian dari ahli materi ahli media dan praktisi pembelajaran. Penilaian kelayakan oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata 2 875 dengan kategori Baik. Penilaian kelayakan oleh ahli media diperoleh nilai rata-rata 2 6 dengan kategori Baik. Penilaian kelayakan oleh praktisi pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 3 5 dengan kategori Baik. Berdasarkan penilaian dari para ahli diperoleh rerata skor keseluruhan sebesar 3 1 termasuk kategori baik. Dengan demikian Perencanaan Pembelajaran Multimedia Berbasis video konstruksi Bangunan pada Konstruksi Pondasi Layak digunakan sebagai media pembelajaran Konstruksi Bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44524

Actions (login required)

View Item View Item