Saputro, Didik Wahyu (2017) Penerapan accelerated learning dengan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMKN 6 Malang / Didik Wahyu Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Saputro D.W. 2017. Penerapan Accelerated Learning dengan Pendekatan Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMKN 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sutrisno S.T. M.Pd Kata Kunci Accelerated Learning pendekatan SAVI hasil belajar Diketahui bahwa proses pembelajaran pada kelas XI TGB 1 SMKN 6 Malang mata pelajaran gambar teknik masih rendah dan kurang optimal. Berkaitan dengan hal itu model pembelajaran yang sekiranya tepat adalah Accelerated Learning (AL) dengan pendekatan SAVI. Accelerated Learning (AL) adalah keseluruhan strategi dan metode belajar yang memungkinkan siswa belajar dengan lebih cepat mudah dan menyenangkan dengan upaya yang sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing. Dalam menerapkan Accelerated Learning (AL) memerlukan pendekatan SAVI yang mampu menggabungkan gerakan fisik semua alat indra dengan aktivitas intelektual untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penerapan Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data nilai keseluruhan siswa diambil dari hasil mengerjakan tugas menggambar dengan perangkat lunak AutoCAD dan data dokumentasi diperoleh dari daftar kehadiran siswa jurnal mengajar dan perangkat pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan tes observasi dan dokumentasi. Analisis data penerapan pembelajaran menggunakan analisis deskriptif kualitatif sedangkan analisis data hasil belajar siswa ditentukan dengan cara membandingkan nilai rata-rata pada pra tindakan siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil analisis diperoleh beberapa simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Penerapan Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI pada mata pelajaran Gambar Teknik di kelas XI TGB1 SMKN 6 Malang meliputi 4 tahap yaitu (1) tahap persiapan (2) tahap penyampaian (3) tahap pelatihan dan (4) tahap penampilan hasil. Pada tahap persiapan guru membangkitkan motivasi dan rasa ingin tahu siswa serta memberi tujuan belajar yang jelas dan bermakna. Guru perlu menambahkan media video untuk menarik minat dan memberi suggesti positif untuk membangkitkan motivasi belajar. Tahap penyampaian dan pelatihan digabung menjadi satu dikarenakan yang disampaikan oleh guru harus segera diaplikasikan pada AutoCAD. Pada tahap penampilan hasil guru membuka ruang diskusi kepada siswa untuk mengomentari hasil pekerjaan mereka. Kemudian guru memberikan kesimpulan dari yang sudah dipelajari oleh siswa. Kedua terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan Accelerated Learning dengan pendekatan SAVI pada mata pelajaran Gambar Teknik di kelas XI TGB1 SMKN 6 Malang. Dari data nilai rata-rata pra tindakan sebesar 78 60 meningkat pada siklus 1 sebesar 2 80 menjadi 81 40. Dan dari siklus 1 meningkat pada siklus 2 sebesar 3 20 menjadi 84 60.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44521 |
Actions (login required)
View Item |