Pemanfaatan kapur sebagai filter untuk campuran aspal beton ditinjau dari parameter marshall / Yusti Anggraeni Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan kapur sebagai filter untuk campuran aspal beton ditinjau dari parameter marshall / Yusti Anggraeni Pertiwi

Pertiwi, Yusti Anggraeni (2012) Pemanfaatan kapur sebagai filter untuk campuran aspal beton ditinjau dari parameter marshall / Yusti Anggraeni Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kapur filler aspal beton parameter marshall. Batu kapur merupakan salah satu bahan bangunan yang mudah dicari di daerah khususnya yang memiliki tanah dan pegunungan kapur yang ada di Indonesia. Batu kapur adalah salah satu filler yang diharapkan dapat meningkatkan sifat-sifat fisik pada campuran aspal terutama pada lapisan aspal beton yang kurang baik dalam menggunakan campuran beraspal. Berdasarkan pada pentingnya kualitas bahan yang digunakan untuk lapisan aspal beton maka perlu dilakukan penelitian kualitas perkerasan lapisan aspal beton yang dihasilkan dari campuran aspal yang menggunakan filler kapur dan dicampur dengan aspal penetrasi 60/70 kemudian diuji dengan menggunakan alat Marshall. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui sifat dan karakteristik aspal bahan penyusun aspal beton (2) Mengetahui sifat dan karakteristik aspal beton dengan digunakannya kapur sebagai filler. Metode penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pemilihan bahan tahap persiapan dan pembuatan benda uji serta tahapan pengujian dan analisis data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Sifat dan karakteristik bahan penyusun aspal beton dapat diketahui dengan pengujian berat jenis dengan nilai 2 645 gr/cm3 penyerapan agregat kasar 2 24% pengujian keausan agregat kasar 17 67% pengujian penetrasi aspal 63 33 mm pengujian berat jenis aspal 1 069 gr/cm3 pengujian daktilitas aspal 134 8 cm pengujian titik nyala 3290C dan pengujian titik lembek 490C (2) Sifat dan karakteristik aspal beton dengan digunakannya filler kapur sebagai bahan penyusun aspal beton ditinjau dari Parameter Marshall dapat diketahui dengan nilai Stabilitas maksimum 1313 18 kg pada kadar kapu 0% Flow yang memenuhi syarat diperoleh pada kadar kapur 0-80% yaitu 3 85-3 92 mm Marshall Quotient dengan nilai 257 314 mm pada kadar kapur 80% VIM yang memenuhi syarat pada kadar kapur 0% dengan nilai 4 57% dan VMA yang memenuhi syarat pada kadar kapur 0-100% dengan nilai 17 14-22 51 % (3) Berdasarkan tahap dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan filler batu kapur yang paling baik dengan menggunakan kadar dibawah 80% dan filler batu kapur ini dapat dimanfaatkan pada campuran Lapisan Aspal Beton (LASTON).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44512

Actions (login required)

View Item View Item