Model bangkitan pergerakan keluarga pada kawasan perumahan tipe menengah di pinggiran Kota Malang <BR>oleh Lucky Mas'udah

Mas'udah, Lucky (2002) Model bangkitan pergerakan keluarga pada kawasan perumahan tipe menengah di pinggiran Kota Malang <BR>oleh Lucky Mas'udah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecenderungan bertambah pesatnya perkembangan transportrasi di kota Malangd isebabkans emakin meningkatnyaju mlah penduduks erta pertumbuhan ekonomyia ngc ukupt inggi. Olehk arenait u banyakd idirikanp erumahand i pinggiran kotaM alangy angb elum terpolad enganb aik sehinggad apatm enimbulkanm asalah baru dalam bidang transportasi kota yaitu berupa pola pergerakan yang umurnnya menujuk e pusatk ota. Untuk menunjangp erkembanganle bih lanjut dari kawasan perumahan di pinggiran kota, perlu diketahui jumlah pergerakan yang dilakukar/dibangkitkadna ri kawasanp erumahante rsebut.P enelitiani ni bertujuan untuk mengetahutie rjadinyaj arn puncak dan rnodel bangkitan pergerakand ari perumahatinp e menengahd i pinggirank otaM alang. Penelitian ini tergolong penelitian diskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalahs emuap enghunia tau keluargap erumahanti pe menengahd i pinggirank ota MalangP. engambilasna mpelnyad ilakukans ecaraa cak.J umlahs ampels ebanyak 200k eluarga/rumadhe ngan1 6 lokasi perumahany ang terbagia tas empat wilayah yaitu:( a) barat,t erdiri dari: perumahanV illa Bukit Sengkalingp, erumahaBn umi Asri Sengkalingp, erumahanV illa Sengkaling,p erumahanB ukit CemaraT ujuh, perumahaLna ndungsarAi sri, perumahanP ermataH ijau, dan perumahanJ oyo Asn; (b) timur, terdiri dari: perumahan Dirgantara Permai, perumahan Villa Gunung Buring,p erumahanP uri CempakaP utih,d an perumahanS awojajar(; c) utara,t erdin dari:p erumahaBn anjararumA sri, perumahanT unjungS ekarD amai,d an perumahan Griya PermataA lam Ngijo; (d) selata4 terdiri dari: perumahanJ anti Permaid an perumahaSnu kunP ermai Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) variabel terikat berupa jumlah bangkitanp ergerakana nggotak eluargad ari kawasanp erumahanti pe menengahd i pinggirank ota Malangp adaj am puncak;( 2) variabelb ebasb erupaJ umlahA nggota Keluarga(J AK), JumlahA nggotaK eluargay ang Bekerja( JAKB), JumlahA nggota Keluarga yang Sekolah (JAKS), Jumlah Kepemilikan Kendaraan (JKK), Jumlah Pendapata(nJ PN). Sedangkans ub variabel JKK adalah Anggota Keluargay ang TidakM emiliki Kendaraan(A KTMK), JumlahK epemilikanS epedaM otor (JKSM), dan Jumlah Kepemilikan Mobil (JKMB). Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versjon 10.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jam puncak bangkitan pergerakan pada kawasan perumahan tipe menengah di pinggiran kota Malang tefadi pada pagi hari, yaitu pada jam 05.46 WTB - 07.15 WIB. Sedangkan model bangkitan pergerakayna ngd ihasilkano leh perumahanti pe menengahd i pinggirank ota Malang adalahs ebagabi erikut:( 1) model bangkitanp ergerakanru maht anggas ecarau mum adalahY : -0,221+ 0,626 JAK + 0,313 JAKB; (2) model bangkitan orang beke{a dengan jalan kaki adalah tidak ada hubungan antara variabel terikat denganv aiabel bebasy ang disebabkanju mlah data sedikiq (3) model bangkitan pergerakaonr angb eke{a denganm odaA ngkutanU mum Penumpang(A LIP) adalah Y:0,182 + 0,909A KTM( (4) model bangkitanp ergerakano rangb ekerjad engan moda sepeda motor adalah Y : 0,1866 + 0,630 JAKB -0,163 JPN; (5) model bangkitanp ergerakano rangb eke{a denganm oda mobil adalahY : 0,477+ 0,476 JAKB; (6) model bangkitan pergerakan orang beke{a dengan moda lainJain adalah tidak ada hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas yang disebabkan jumlahd atas edikit;( 7) modelb angkitanp ergerakano rangs ekolahd enganjalank akr adalahY :0,08621 + 0,879A KTMK (8) modelb angkitanp ergerakano rangs ekolah dengan ALIP adalah Y : 0,434 + 0,606 AKTMK + 0,09142 JAKS; (9) model bangkitanp ergerakano rangs ekolahd enganm odas epedam otor adalahY :0,605 + 0,515J KSM; (10) model bangkitanp ergerakano rang sekolahd enganm oda mobil adalahY :0,610 + 0,537J AKS; (11) modelb angkitanp ergerakaonr angs ekolah dengamn odal ainJaina dalahY = 0,143+ 0,857A KTMK. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan penelitian mengenai model bangkitan pergerakanu ntuk diterapkan secara luas di berbagai daerah sebagai upaya mengurangpie rmasalahatnra nsportasyia ngt er.1adi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44500

Actions (login required)

View Item View Item