Pengembangan E-modul berbasis WEB untuk mata pelajaran IPS pada bab perjuangan bangsa Indonesia mel;awan penjajah SD kelas V semester II di SDK Santa Maria Blitar / Renata Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-modul berbasis WEB untuk mata pelajaran IPS pada bab perjuangan bangsa Indonesia mel;awan penjajah SD kelas V semester II di SDK Santa Maria Blitar / Renata Herawati

Herawati, Renata (2013) Pengembangan E-modul berbasis WEB untuk mata pelajaran IPS pada bab perjuangan bangsa Indonesia mel;awan penjajah SD kelas V semester II di SDK Santa Maria Blitar / Renata Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Herawati Renata. 2013. Pengembangan E-Modul Berbasis Website Untuk Mata Pelajaran IPS Pada Bab Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah SD Kelas V Semester II di SDK Santa Maria Blitar Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Saida Ulfa S.T . M.Edu . Ph.D Kata Kunci Pengembangan E-Modul Berbasis Website Untuk Mata Pelajaran IPS Pada Bab Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah SD Kelas V Semester II Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan cukup pesat sehingga dalam mencari dan mendapatkan informasi yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar audio visual dan elektronik tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya seperti penggunaan internet. Pengembang melihat kondisi pada saat belajar IPS di kelas V SDK Santa Maria Blitar materi yang diberikan kepada pebelajar masih menggunakan metode diskusi tanya jawab dan ceramah dari pembelajar. Tingkat keefektivan pebelajar dalam hal bertanya menjawab pertanyaan menggungkapkan ide gagasan menganalisis suatu masalah dan proses pembelajaran lainnya menurut pengembang kurang efektif karena IPS merupakan pelajaran yang banyak berisi uraian materi sehingga tidak menarik dan akan mebuat jenuh. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-modul sebagai bentuk inovasi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas V SD pendapat siswa tentang penggunaan pembelajaran interaktif serta pengaruh penggunaan pembelajaran interaktif terhadap kondisional pembelajaran siswa dikelas. Selanjutnya untuk pengembangan E-Modul dilakukan pengumpulan data melalui metode angket yaitu angket ahli media ahli materi dan siswa itu sendiri. Media pembelajaran interaktif ini divalidasikan oleh seorang ahli materi seorang ahli media dan audiens siswa sebanyak 30 orang. Setelah dianalisis media pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 81% ahli materi 83 5% dan siswa 89 3% sehingga dinyatakan efektif dalam proses pembelajaran. Pengembang menyarankan dengan adanya Pengembangan E-Modul Berbasis Website Untuk Mata Pelajaran IPS Pada Bab Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah SD Kelas V Semester II dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan alternatif media yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item View Item