Model bangkitan pergerakan keluarga rumah tipe sederhana pada kawasan permukiman di pinggiran Kota Malang <BR>oleh Nur'aini

Nur'aini (2002) Model bangkitan pergerakan keluarga rumah tipe sederhana pada kawasan permukiman di pinggiran Kota Malang <BR>oleh Nur'aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan transportasi di kota Malang telah bertambah luas dan permasalahannvapumn akin bertambah kompleks. lnr terladi karcna ban,vak berdinnyap erumahan-perumahand r prnggiran kota \ran-sm enr''ebabkanb angkitan pergerakany ang cukup besar schingga pola pergerakannyab eium terpoia dengan baik.P olap ergerakany ang nrenu.lup usatk ota terladi karenap adap usatk ota banyak terdapat fasilitas-fasilitas lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan sehingga ciapat menarik bangkitan yang berasal dari zona-zona perumahan pada pinggiran kola Malang Oleh karena itu sangat menarrk untuk drtinjau keberadaan kawasan permukiman di pinggiran kota Malang darr sisi bangkitan pergerakan yaltu seberapa besar lumiah bangkitan pergerakan yang dihasilkan olch kawasan perumahan tersebut. Berdasarkanp ermasalahand iatas. penelitian ini bertu-uf an untuk mengetahui kapant erjadinyaJ am puncakb angkitanp ergerakank eluargar urnah tipe sederhana pada kawasan permukiman dr pinggiran kota Malang dan untuk mengetahui bagaimanakah modei matcmatik banr{kitan pergcrakan keluarga rumah tipc sederhanap aciak awasanp ermukrrnand i pinggiran kota Malang. Penelitran ini termasuli penelitian disknptif di desain dengan menggunakan pendekatanp cnclitian korelasional yang aninya suatu penelitian dengan melibatkan lebih dari satu variabel, ciengan pemrhhan sampel sebanyak 13 perumahan tipe sederhanad i pinggiran kota Malang, yang terbagi atas 4 wilayah yaitu: (a) pada pinggirank otaM aiangb agiant imur adalahP erumahanD irgantara,B uring Satelitd an PerumahanS awojajar( b) padap inggiran kota Malang bagian barat adalahP erumahan Villa Scngkaline. Bumi Asri Sengkaling. Villa Bukit Scngkaling. jo-v"o Asri, Perumahan Landungsari Asrr, Perumalran Bukit Permata Hqau (c) pada pinggiran kota Malang bagian utara adalah Perumahan Gnya Permata Alam Ngrio, Banlar Arum dan Perumahan Turlung Sekar l)amai dan (d) pada pinggiran kota Malang bagians eiatana dalahP erumahanW agir lndah, dengan_iumlahs ampels ebanyak1 60. Pemilihan sampei dilakukan dengan cara proporsional random sampling. sedangkan pengambiland atad iperolehd ari pengisiank uesionerd an wawancarak epadak eluar-9a rumaht ipe sederhanad i pinggiran kota Malang. Variabsl dalam penelitian ini adalah variabei terikat dan variabel bebas. Variabel tenkatnya adalahjumlah bangkitan pergerakan dan variabel bebasnya adalah iumlah keluarga (KLG), iumlah keluarga yang bekeria (KLG BKJ). iumlah keluarga yangs okolah( KLG SKL). jumlah keluargay ang mcmiliki kendaraan( KDR)m . dan jumlahk eluargay ang memihki pendapatan(P D-l'). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu untukp emasukand an pengolahand ata sccaras tatistik menggunakanp rogram StatisticaPl roducta nd SemtceS olutions( SPSS)v crsion 10.0 dan programl vlic'nt,utft Excel . Darr hasil penelitiani ni ditemukanb ahwa teladin,vaJamp uncak( peukH ourl adalah pada -jam 06.00 WIB sampai lam 07.00 WIB, dengan intervai 15 menit sebclumd an sesudahja m puncak.s ehinggam enjadij am 05.46 WIB sampaid cngan 07 l5 WlB. Sedangkan model matematik bangkitan pergerakan keluarga rumah tipe sederhanap ada kawasan permukrman di pinggiran kota Malang adalah sebagai berikut: (a) model matematik bangkitan pcrgerakan orang sccara umum adalah Y - 0,0468+9 0,203K LG + 0,590K LG SKL + 0,637K LG tsKJ+ 0,226P DI (b) model maternatikb angkitan pergerakano rang bekerja denganm oda sepedam otor adalahY - 0,442+ 0,638K LG BK.T( c) model matematikb angkitanp ergerakano rangb ekerya dengan moda angkutan umum penumpang (AUP) adalah Y - -0,122 + 0.460 KLG BKJ + 0.196 KLG (d) modcl matematik bangkitan pcrgcrakan orang sekolah dengan moda sepeda motor adaiah Y : 0,502 + 0,458 KL(i SKL (e) model matematik bangkitan pergerakan orang sekolah dengan moda angkutan umum penumpang (AtP) adalahY - 0.318 + 0.,566K LG SKL + 0.162 TDK KDR - 0.04083K LG {f) model matematik bangkrtan pergerakan orang sekolah dengan moda lalan kaki adalah Y - -0"632 + 0,579 KLG dan (g) model matematik bangkitan pergerakan orang sekolahd enganm odal ain-laina dalahY - 0,-|45+ 0.873K LG SKL. Dengan drketahuinya bangkitan pergerakan dan hasil penelitian ini, maka diharapkan dapat berfungsi sebagai informasi yang akan digunakan oleh pengembang perumahanp erencanat ransportasid alam mengantisipait erhadapa rus lalu lintas pada lalan yang ada disekitarnya dan bagi para investor dan Real Estate Developer supaya memperhatikan model bangkitan pergerakan dari penelitian ini untuk dijadikan gambaran dalam penentuan lokasi perumahan secara tepat serta untuk penelrtran lanjutan dapat dilakukan dengan penambahan variabel bebas yang lebih lengkap dan sesuaid alam menggambarkank arakteristikt ransportasoi rang dan dapat dilakukan penelitian terhadap keluarga tipe lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44499

Actions (login required)

View Item View Item