Mulyono, Hari (2023) Analisis Proses Peningkatan Kompetensi Caregiver Lanjut Usia pada Kurikulum Program Keahlian Layanan Kesehatan dan Pekerjaan Sosial di SMK. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tenaga caregiver adalah tenaga yang dapat melakukan pendampingan pada seorang atau kelompok yang tidak mampu merawat dirinya sendiri baik sebagian atau seluruhnya, karena mengalami keterbatasan fisik dan mental, oleh karena itu diperlukan keterampilan khusus agar caregiver dapat melakukan pendampingan secara profesional. SMK bidang kesehatan khususnya pada program keahlian layanan kesehatan dan pekerjaan sosial lulusannya dipersiapkan untuk menjadi tenaga caregiver lanjut usia banyak dibutuhkan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persiapan dan merumuskan pola kurikulum (kompetensi) yang disajikan oleh program keahlian layanan kesehatan dan pekerjaan sosial untuk menjadi caregiver lanjut usia yang sesuai dengan kebutuhan industri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, kepala jurusan, guru dari program keahlian layanan kesehatan dan pekerjaan sosial, serta IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja). Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik, antartempat, dan antarwaktu, member check, serta konfirmabilitas. Triangulasi sumber digunakan untuk mengecek data yang telah diperoleh dari beberapa sumber data. Triangulasi teknik digunakan untuk mengecek data kepada sumber data yang sama namun dengan teknik yang berbeda (observasi, dokumentasi, dan wawancara). Tringulasi antartempat digunakan untuk mengumpulkan data dari “SMK Unggul Mupahita Malang” dan “SMK Kesehatan Asada Bakti Malang”. Selanjutnya triangulasi antarwaktu digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan siang hari melalui wawancara. Member check, serta konfirmabilitas untuk mengorganisasi, menafsir, dan menganalisis data yang telah terkumpul secara berulang untuk menyusun konsep dan temuan penelitian. Hasil penelitian dipilah menjadi dua bagian. Pertama, persiapan mencakup penyusunan RPP, jadwal pembelajaran dengan menggunakan jadwal blok dan kelas industri, penyusunan jobsheet, dan penyesuaian mata pelajaran. Model pelatihan dilakukan dengan mendatangkan guru tamu, melakukan PKL, pelatihan OJT, teaching factory, dan latihan bahasa Jepang dan kaigo. Metode yang digunakan seminar dan workshop dengan menggunakan metode ceramah dan presentasi. Kemudian untuk langkah penawaran jasa tenaga caregiver ditawarkan dalam bentuk proposal skema pemadanan serta melalui BKK, dan tahap sinkronisasi kurikulum yang dilakukan dengan IDUKA yaitu dengan menyiapkan kompetensi dan melakukan MoU. Kedua, pola kurikulum (kompetensi) yang menghasilkan optimalisasi model “kurikulum konvergensi” dengan 6 (enam) muatan kompetensi yaitu: (1) Gerontology; (2) Gerontics; (3) Social Psychology; (4) Geriatrics; (5) Sosio Cultural; dan (6) Activity Therapy.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 02:11 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 02:11 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4449 |
Actions (login required)
View Item |