Meningkatkan hasil belajar mekanika teknik kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 11 Malang dengan menggunakan metode problem posing / Lusi Purnamasari

Purnamasari, Lusi (2019) Meningkatkan hasil belajar mekanika teknik kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 11 Malang dengan menggunakan metode problem posing / Lusi Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK KELAS X JURUSAIN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 11 MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING Oleh Lusi Purnamasari (140521606763) ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar mekanika teknik kelas X Jurusan Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB)di SMK Negeri 11 Malang dengan menggunakan metode problem posing. Pelaksanaan penelitian pada pembelajaran Mekanika Teknik menggunakan metode problem posing dilakukan selama 2 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas, keterlaksanaan dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengancara observasi dan tes tertulis. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan metode deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan problem posing aktivitas belajar siswa SMK Negeri 11 Malang terhadap pembelajaran Mekanika Teknik dapat diperbaiki dan mengalami peningkatan. Dengan peningkatan hasil aktivitas belajar siswa sebesar 23,197% atau dari 40,102% pada siklus Imenjadi 63,299% pada siklus II. Hasil belajar siswa SMK Negeri 11 Malang kelas X DPIB terhadap pembelajaran Mekanika Teknik berpedoman pada kurikulum 2013 dengan nilai ketuntasan siswa 75. Dengan menggunakan metode pendekatan problem posing pada mata pelajaran mekanika teknik mengalami peningkatan. Dengan rincian, padasiklus I diperoleh rata-rata 70,690 dengan presentasi ketuntasan 48,276% dengan kategori pada interval kurang. Siklus II memperoleh rata-rata 77,069 dengan presentasi ketuntasan 82,759% dengan kategori pada interval baik. Peningkatan nilai hasil belajar siklus I ke II adalah 34,483%. Jadi, metode pendekatan Problem posing meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan cara melibatkan keaktifan guru dan siswa dalam berkomunikasi secara lisan maupun tertulis, berfikir logis, kritis dan kreaftif. Kata kunci : Problem posing, meningkatkan, aktivitas siswa, hasil belajar, dan Mekanika Teknik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44482

Actions (login required)

View Item View Item