Kajian kinerja pelayanan dan analisis daya beli penumpang dengan metode ability to pay dan wilingness to pay angkutan bus bandara rute terminal Purabaya - bandara Juanda / Achmad Al Imron

Al Imron, Achmad (2019) Kajian kinerja pelayanan dan analisis daya beli penumpang dengan metode ability to pay dan wilingness to pay angkutan bus bandara rute terminal Purabaya - bandara Juanda / Achmad Al Imron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Al Imron, Achmad . 2018. Kajian Kinerja Pelayanan dan Analisis Daya Beli Penumpang Dengan Metode Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) Angkutan Bus Bandara Rute Terminal Purabaya-Bandara Juanda. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T.,M.T. (II) Drs. H. Sugiyanto, ST.,M.T. Kata Kunci: kinerja pelayanan, ATP, WTP, bus bandara Juanda Kota Surabaya mempunyai Terminal besar yakni Purabaya dan Bandara tersibuk di Jawa Timur yaitu Bandara Juanda, dengan adanya dua tempat ini maka dibuatlah transportasi Khusus yang menuju Bandra khusunya maupun sebaliknya. Bus yang melayani perjalan ke bandara Juanda Surabaya atau Angkutan Khusus Bandra Juanda (AKBJ) merupakan satu-satunya transportasi massal yang perjalanannya menuju bandara ataupun ke terminal-terminal seperti terminal Purabaya. Perbaikan sistem pelayan yang telah dilakukan beberapa bulan lalu oleh perusahaan pengelolah Bus Bandara yakni Perum DAMRI. Perbaikan tersebut seperti dibukanya jam lebih pagi dan jam keberangkatan antar bus lebih singkat, karena banyak yang mengeluhkan jam kedatangan bus yang lama. disamping itu kurangnya informasi mengenai Bus bandara ini, perlu adanya evaluasi kinerja pelayanan lagi mengingat ada beberapa trayek yang telah diberhentikan seperti trayek Bandara Juanda-DTC (Terminal Joyoboyo) Surabaya dan rute sebaliknya, hal tersebut dikarenakan sepi peminat, hal ini juga harus dievaluasi mengenai kinerja pelayanan pada objek penelitian pada Terminal Purabaya-Bandara Juanda agar tidak bernasib sama dengan Bus Rute Bandara-DTC . Harga tarif yang berlaku juga mengalami kenaikan sebesar Rp5.000,00 sehingga rute bolak balik dengan satu kali keberangkatan harganya sekarang sama yakni Rp25.000,00. Maka dari itu untuk mengetahui kesesuaian tarif tersebut berdasarkan kemampuan dan kemauan membayar dari masyarakat pengguna bus. Analisis yang digunakan pada kajian ini untuk mengetahi kinerja pelayanan menggunakan Impotance Performance Analysis (IPA), untuk keseuaian tarif menggunakan analisis Metode Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP). Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara kuisioner pada penumpang. Hasil penelitian menunjukkan (1) kinerja pelayanan berdasarkan metode IPA, kuadran IPA yang menjadi prioritas utama perbaikan adalah petugas keamanan.(2) hasil analisis Ability To Pay (ATP) diperoleh rata-rata ATP sebesar Rp31.284,00. Nilai ATP yang diperoleh berada atas tarif yang berlaku saat ini sebesar Rp25.000. Snalisis Willingness To Pay (WTP) diperoleh rata-rata WTP sebesar Rp22.259,00 sedangkan tarif yang berlaku saat ini sebesar Rp25.000,00 nilai WTP yang diperoleh berada dibawah tarif dan dibawah ATP, pada hasil seperti ini termasuk ideal karena tarif berada ditengah anatara ATP dan WTP. ATP masyarakat yang cukup tinggi dan yang mampu membayar diatas tarif adalah 96%, sedangkan ATP yang mau membayar sama dengan tarif sebesar 47%. Pada kondisi seperti ini masih sangat dimungkinkan menaikkan harga tarif. iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44481

Actions (login required)

View Item View Item