Pradana, Yoga Ardian Wisnu (2019) Pengembangan bahan ajar dalam mata pelajaran menggambar konstruksi bangunan di SMK Nasional Malang berbasis e-Learning moodle / Yoga Ardian Wisnu Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Pradana Yoga Ardian.Wisnu. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Dalam Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Bangunan di SMK Nasional Malang Berbasis ELearning Moodle. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Pengembangan E-learning Moodle Ilmu Konstruksi Bangunan. Kajian ini didasarkan pada pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dilaksanakan dengan cepat tepat dan akurat termasuk pula dalam bidang pendidikan. Dampak positif yang dapat dirasakan secara nyata dari kemajuan dibidang teknologi yang telah diaplikasikan dalam dunia pendidikan adalah pelaksanaan pendidikan jarak jauh menggunakan E-Learning. Untuk memecahkan kendala-kendala pendidikan yang terjadi dibutuhkan E-learning agar pendidik dan peserta didik melakukan pembelajaran tanpa harus bertemu secara fisik dan tidak dibatasi waktu untuk melakukan pembelajaran. E-Learning juga juga sering dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran suatu web yang dapat diakses pada jaringan komputer baik berbentuk intranet maupun internet. Saat ini E-Learning telah dimanfaatkan dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) salah satu contohnya E-Learning berbasis moodle. Fokus penelitian ini mengungkapkan (1) Menghasilkan e-moodle konstruksi bangunan sebagai buku pengayaan bahan belajar (berbentuk e-moodle) mata pelajaran menggambar Konstruksi Bangunan yang dapat digunakan untuk kelas X XI XII program keahlian Teknik Gambar Bangunan (2) Menguji kelayakan pakai emoodle berdasarkan hasil validasi dari validator ahli materi dan validator ahli media e-moodle (3) Mengetahui respon dari pengguna terkait penggunaan e-moodle melalui uji coba produk dalam sampel kecil. Penelitian ini menghasilkan data kualitatif dan kuantitaif dengan metode peniltian dan pengembangan bahan ajar. Prosedur dalam penelitian ini mengacu pada model rancangan pengembangan ADDIE. Instrument pengumpulan data diperluhkan sebagai paduan wawancara dan kuisioner. Subjek penelitian ini adalah (1) Validator ahli media (2) Validator ahli materi (3) Subjek uji coba lapangan. Hasil dari penelitian ini ditinjau dari 4 aspek yaitu aspek materi aspek penyajian materi aspek kebahasaan dan aspek kegrafikan. Tingkatan skor dihitung dan disimpulkan menggunakan skala likert. Dari ke-empat aspek tersebut tingkat validasi yang didapat dari ahli media mendapatkan skor 80 682% (sangat valid) i sedangkan dari ahli materi mendapatkan skor 90 91% (sangat valid) dapat disimpulkan bahwa media dikategorikan sangat valid serta dapat diujicobakan. Untuk angket menggunakan angket yang sudah diteliti dan di uji validitas dan reliablitas oleh peneliti sebelumnya. sedangkan untuk ujicoba respon siswa terhadap produk mendapatkan skor 87 08% (sangat valid). Secara keseluruhan dari mulai validasi ahli hingga respon siswa terhadap pengembangan produk diambil kesimpulan bahwa pengembangan e-moodle konstruksi bangunan berbantuan xampp sebagai server sangat efektif untuk digunakan dalam mata pelajaran menggambar konstruksi bangunan dengan perangkat lunak ataupun mata pelajaran konstruksi bangunan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44480 |
Actions (login required)
View Item |