Pengembangan media pembelajaran mata kuliah teknologi finishing berbasis IT untuk mahasiswa Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan Universitas Negeri Malang / Wahyu Dwi Prasetyo

Prasetyo, Wahyu Dwi (2019) Pengembangan media pembelajaran mata kuliah teknologi finishing berbasis IT untuk mahasiswa Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan Universitas Negeri Malang / Wahyu Dwi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prasetyo, Wahyu Dwi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Finishing Berbasis IT Untuk Mahasiswa Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Priyono, M.Pd., (II) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Berbasis IT Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar diperlukan untuk menyesuaikan dengan tuntutan zaman, para guru pun dituntut untuk mampu menggunakan teknologi agar tidak tertinggal dengan perkembangannya. Keterbatasan media teknologi pendidikan disatu pihak dan lemahnya kemampuan dosen/guru menciptakan media tersebut di sisi lain membuat penerapan metode ceramah makin menjamur. Untuk meningkatkan prestasi belajar dari mahasiswa diperlukan sebuah inovasi baru dalam hal belajar mengajar melalui sebuah media pembelajaran yang interaktif dan efisien. Media pembelajaran berbasis IT disini dapat menstimulus mahasiswa untuk belajar yang melibatkan intelektual serta emosional agar mahasiswa tersebut bisa lebih mudah menerima materi. Dengan memanfaatkan media elektronik untuk mengembangkan modul sebagai bahan ajar dirasa sangat perlu untuk memudahkan dalam penyampaian materi oleh dosen. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan bahan ajar yang nantinya akan menghasilkan bahan ajar berupa e-module (modul elektronik). Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model rancangan pengembangan ADDIE, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan karena keterbatasan waktu penelitian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa D3 Teknik Sipil dan Bangunan dengan jumlah responden 15 mahasiswa. Uji validitas pada instrument penelitian menyatakan keseluruhan pertanyaan mendapat r hitung > r tabel (Valid) dan uji reliabilitas menyatakan alpha > 0,514 (reliabel). Sedangkan hasil dari uji kelayakan didapatkan skor 94,05% dari ahli media, 76,04% dari ahli materi. Setelah media dinyatakan valid maka dilakukan uji coba kepada pengguna e-module dan memperoleh data reliabilitas nilai Alpha>0,514 yakni sebesar 0,922 yang artinya instrumen penelitian bersifat reliabel, sedangkan untuk respon dari pengguna e-module mendapat nilai 83,68% sehingga dapat dikatakan bahwa materi ajar mencapai tingkat persentase 75,01% - 100,00% dengan kategori Sangat valid. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-module finishing bangunan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44474

Actions (login required)

View Item View Item