Analisis daya dukung pondasi tiang pancang (studi kasus pembangunan jalan tol Gempol-Porong) / Warih Agung Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis daya dukung pondasi tiang pancang (studi kasus pembangunan jalan tol Gempol-Porong) / Warih Agung Nugraha

Nugraha, Warih Agung (2018) Analisis daya dukung pondasi tiang pancang (studi kasus pembangunan jalan tol Gempol-Porong) / Warih Agung Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nugraha Warih Agung. 2018. Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang (Studi Kasus Pembangunan Jalan Tol Gempol-Porong). Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. H. Sudomo M.MT. (II) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T. Kata Kunci Standard Penetration Test (SPT) Kalendering Mayerhof Luciano Decourt Hilley KOBE Dari penggunaan jenis pondasi pada proyek pembangunan jalan tol Gempol Porong menggunakan pondasi tiang pancang beton pracetak yang berdiameter 60 cm dengan kedalaman 32 meter dengan jumlah 72 titik pancang. Sebelum dilakukannya proses pemancangan pondasi tiang agar menghasilkan daya dukung yang akurat maka diperlukan suatu penyelidikan tanah. Ada dua metode yang biasa digunakan dalam penentuan kapasitas daya dukung tiang pancang yaitu dengan menggunakan metode statis dan metode dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan terhadap nilai daya dukung statis dengan metode Mayerhoff dan Luciano decourt pada data SPT dan untuk mengetahui perbandingan nilai daya dukung dinamis dengan metode Hiley dan Kobe pada data Kalendering konstruksi Jalan Tol Gempol Porong. Rancangan penelitian merupakan suatu analisis dengan pengumpulan data dari pelaksanaan penelitian yang secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan survey lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode studi analisa kasus dari data hasil SPT dan data hasil Kalendering pada proyek pembangunan Tol Gempol-Porong. Dari hasil perhitungan daya dukung statis metode mayerhof diperoleh daya dukung ujung Qp 3 39 ton daya dukung selimut Qs 100 53 ton daya dukung ultimate Qult 103 92 ton dan daya dukung ijin Qall 34 64 ton. Untuk daya dukung statis metode Luciano Decourt diperoleh daya dukung ujung Qp 11 30 ton daya dukung selimut Qs 125 66 ton daya dukung ultimate Qult 136 97 ton dan daya dukung ijin Qall 45 66 ton. Untuk hasil perhitungan daya dukung dinamis metode Hilley diperoleh daya dukung ultimate Pult 38 74 ton sedangkan perhitungan daya dukung dinamis dengan metode KOBE diperoleh daya dukung ultimate Rult 54 73 ton. Berdasarkan hasil perhitungan statis metode Mayerhof diperoleh nilai daya dukung yang lebih besar dari pada metode Luciano Decourt. Dan untuk perhitungan dinamis metode Hilley diperoleh nilai daya dukung yang lebih kecil dari pada metode KOBE. Jadi pada perhitungan statis menggunakan metode Mayerhof sebesar 34 64 ton sedangkan pada perhitungan dinamis menggunakan metode Hilley sebesar 38 74 ton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44468

Actions (login required)

View Item View Item