Penerapan strategi Project Based Learning (PBL) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 1 Udanawu Blitar / Rizza Bahtiar Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi Project Based Learning (PBL) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 1 Udanawu Blitar / Rizza Bahtiar Ilmi

Ilmi, Rizza Bahtiar (2018) Penerapan strategi Project Based Learning (PBL) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 1 Udanawu Blitar / Rizza Bahtiar Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bahtiar Ilmi Rizza. 2018. Penerapan Strategi Project Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Di Smk N 1 Udanawu Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno M.pd (II) Drs. Antelas Eko Winahyo M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Hasil Belajar Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada Kompetensi Menggambar dengan Perangkat Lunak melalui penerapan strategi pembelajaran Project Based Learning (PBL) serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Project Based Learning (PBL) di kelas XI TGB 1 Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Udanawu Blitar. Berdasarkan observasi awal guru lebih sering menggunakan strategi pembelajran konvesional sehingga siswa pasif hanya mendengarkan dan mencatat. Hal tersebut mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi dan membuat hasil belajar siswa kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu strategi pembelajaran Project Based learning (PBL) merupakan pembelajaran berbasis proyek merupakan tugas kompleks yang didasarkan pada pertanyaaan-pertanyaan yang menantang atau permasalahan yang melibatkan para siswa di dalam desain pemecahan masalah dan akhinrnya menghasilkan produk-produk nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti observer guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 1 Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Udanawu Blitar tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa (a) observasi (b) memberikan tes . Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan tindakan (b) pelaksanaan tindakan (c) observasi dan interpretasi dan (d) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Project Based Learning (PBL) yang dilaksanakan di kelas XI TGB 1 SMKN 1 Udanawu Blitar dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Dilihat dari nilai rata-rata kelas pada kegiatan sebelum diberi siklus sebesar 74 75 kemudian meningkat menjadi 78 83 pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 81 06 pada siklus II. Jumlah siswa yang yang tuntas pada kegiatan sebelum siklus sebesar 20 siswa (55 56) meningkat menjadi 29 siswa (80 56%) pada siklus I dan meningkat menjadi 33 siswa (91 67%) pada siklus II. Melalui penelitian ini diharapkan guru dapat mengembangkan strategi ini guna meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam pembelajaran seperti menggunakan strategi pembelajaran Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44467

Actions (login required)

View Item View Item