Peningkatan hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 6 Malang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media e-learning berbasis Edmodo / Widian Febriyani

Febriyani, Widian (2018) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 6 Malang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media e-learning berbasis Edmodo / Widian Febriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Febriyani, Widian. 2018. Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK N 6 Malang Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media E-Learning Berbasis Edmodo. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T.,M.Pd (II) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Edmodo, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Mekanika Teknik siswa kelas X DPIB 3 SMKN 6 Malang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 63%. Rendahnya keaktifan siswa dan motivasi belajar menjadikan kelas tidak kondusif dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian dengan tujuan agar proses pembelajaran pada kelas X DPIB3 meningkat dimana dengan peningkatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. PBL merupakan pembelajaran berbasis masalah yang dapat menjadikan siswa berfikir kritis dan memiliki kemampuan memecahkan masalah. Adapun langkah-langkah PBL sebagai berikut: (1) memberikan orientasi permasalahan kepada siswa; (2) mengorganisasikan siswa untuk melakukan kajian; (3) membimbing siswa secara individu maupun kelompok; (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan; (5) menganalisis & mengevaluasi proses pemecahan masalah. Untuk menunjang pembelajaran, Edmodo digunakan untuk memaksimalkan waktu pembelajaran yang terbatas. Edmodo merupakan aplikasi sosial menyerupai Facebook tapi penggunaannya dikhususkan untuk proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan analisis. Pada penelitian ini ada 2 jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dimana data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru selama kegiatan proses belajar mengajar berlangsung sedangkan data kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa berupa nilai siswa. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa adanya peningkatan proses pembelajaran berupa aktifivitas guru dari siklus I yaitu, 76,25% menjadi 81,875% pada siklus II dan keaktifan siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 60,00% menjadi 81,25%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 76,88 pada siklus I menjadi 86,28 pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 71,43% menjadi 91,43% pada siklus II. Untuk penggunaan Edmodo, antusias siswa dalam menggunakannya juga meningkat. Untuk kedepannya diharapkan pihak sekolah dapat memfalitasi siswa dalam penggunaan Edmodo di sekolah sehingga siswa tidak mengalami kesulitan ketika mengakses akun tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44460

Actions (login required)

View Item View Item