Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi 3D menggunakan sketchup untuk mata pelajaran gambar konstruksi bangunan kelas XI SMK / M. Mukhlas Abror

Abror, M. Mukhlas (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi 3D menggunakan sketchup untuk mata pelajaran gambar konstruksi bangunan kelas XI SMK / M. Mukhlas Abror. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Abror, M. Mukhlas. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi 3D Menggunakan Sketchup Untuk Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Kelas XI SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T.,M.Pd. (II) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi 3D, Sketchup, Gambar Konstruksi Bangunan, SMK. Media pembelajaran yang merupakan salah satu komponen penting dalam mempermudah penyampaian materi pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal. Pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan kelas XI SMK, siswa dituntut mampu memahami dan menggambar bentuk komponen bangunan. Akan tetapi, pengamatan yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran menunjukan bahwa banyak siswa kurang memahami materi yang disampaikan sehingga sangat perlu dikembangkan suatu media pembelajaran yang tepat dan menarik untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan media pembelajaran yang tepat, menarik dan mudah dioperasikan untuk mata pelajaran gambar konstruksi bangunan kelas XI SMK, dan (2) menguji coba media pembelajaran berbasis video animasi 3D yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Hanafin dan Peck yang terdiri dari 3 tahap yaitu: (1) needs assess (analisis kebutuhan), (2) design (desain), (3) develop and implement (pengembangan dan implementasi). Pengambilan data penelitian ini berupa kuisioner dan teknik anilisis data menggunakan statistik deskriptif. Adapun langkah-langkah dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video animasi 3D meliputi: (1) Pembuatan gambar rencana dan detail pondasi, (2) Pembuatan storyboard, (3) Proses modeling 3D, (4) Proses pembuatan animasi dan rendering, (5) Proses perekaman audio, (6) Proses editing video berupa penggabungan animasi dan audio, pembuatan opening dan ending, penambahan backsound dan exporting video. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat baik, sangat menarik, sangat sesuai, dan sangat layak dengan indikator hasil validasi ahli media memperoleh skor 3,467 atau 80%, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 3,6 atau 80%, dan hasil uji coba perorangan tahap 1 memperoleh skor 2,78 atau 69,5%, sedangkan hasil uji coba perorangan tahap 2 memperoleh skor 3,25 atau 81,25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44458

Actions (login required)

View Item View Item