Pengaruh motivasi intrinsik dan cara belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Nasional Malang / Mochamad Zaenal Arifin

Arifin, Mochamad Zaenal (2018) Pengaruh motivasi intrinsik dan cara belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Nasional Malang / Mochamad Zaenal Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Arifin, Mochamad Zaenal. 2018. Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X SMK Nasional Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd Kata kunci: motivasi intrinsik, cara belajar, hasil belajar Motivasi intrinsik merupakan rangsangan yang berasal dari dalam diri siswa untuk melakukan suatu hal yang diinginkannya tanpa harus ada rangsangan dari luar. Selain siswa perlu memiliki motivasi intrinsik ini, perlu juga untuk memilih cara belajar yang tepat guna menunjang dirinya untuk mencapai tujuan yang diinginkan olehnya. Motivasi dan cara belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Sehingga untuk dapat mencapai hasil belajar yang maksimal, maka perlu untuk adanya dorongan maupun stategi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengungkap pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar di matapelajaran Gambar Teknik; (2) Mengungkap pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar di matapelajaran Gambar Teknik; (3) Mengungkap pengaruh secara bersama-sama antara motivasi intrinsik dan cara belajar terhadap hasil belajar di matapelajaran Gambar Teknik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian eksplanatori kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi intrinsik (X1) dan cara belajar (X2) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa (Y). Populasi pada penelitian ini sejumlah 116 siswa kelas X di SMK Nasional Malang yang sedang mengikuti pelajaran Gambar Teknik. Analisis yang digunakan menggunakan teknik regresi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar di matapelajaran gambar teknik sebesar 33,3%. Selain itu, 86 siswa atau 95,56% telah memiliki minat untuk belajar. Selanjutnya, 83 siswa atau 92,41% telah menyadari kebutuhannya akan belajar. Lalu, 83 siswa atau 92,72 % telah memiliki harapan dari apa yang ia lakukan dalam kegiatan belajar. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar siswa terhadap hasil belajar di matapelajaran gambar teknik sebesar 13,7%. Selain itu, sebanyak 58 siswa atau 64,44% sudah menggunakan seluruh cara belajar. Selanjutnya, siswa di SMK Nasional mayoritas menggunakan cara belajar Self-explanation, dan Highlihting / underlining sejumlah 74 siswa atau 81,67%. (3) Motivasi intrinsik dan cara belajar secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar di mata pelajaran gambar teknik dengan hasil uji f antara variabel motivasi intrinsik dan cara belajar memiliki nilai Fhitung sebesar 21,871 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,109 pada tingkat signifikansi 0,00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44456

Actions (login required)

View Item View Item