Studi produktivitas pekerja konstruksi menggunakan sistem pembagian waktu pada proyek EPCC revitalisasi PG. Mojo-Sragen / Muhammad Akbar Irwanda

Irwanda, Muhammad Akbar (2018) Studi produktivitas pekerja konstruksi menggunakan sistem pembagian waktu pada proyek EPCC revitalisasi PG. Mojo-Sragen / Muhammad Akbar Irwanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Akbar Irwanda, Muhammad. 2018. Studi Produktifitas Pekerja Konstruksi Menggunakan Sistem Pembagian Waktu Kerja Pada Proyek EPCC Revitalisasi PG. Mojo Sragen. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. R. M Sugandi, S.T., M.T. (II) Drs. Suparno, S.T., M.T. Kata kunci : Produktifitas, Pekerja Konstruksi, Sistem Pembagian Waktu, Proyek EPCC PG. Mojo Sragen Kebutuhan gula secara nasional meningkat, untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan peningkatan produksi pabrik gula dengan melakukan revitalisasi. salah satu kegiatan ravitalisasi di pabrik gula Mojo Sragen adalah pekerjaan konstuksi bidang sipil. Kelangsungan industri gula selayaknya patut mendapat perhatian karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Pentingnya penelitian ini untuk mengukur produktifitas masing-masing shift sehingga dapat merencakan dan menjadwalkan ulang penyelesaian pekerjaan dengan tepat. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah pekerja pembesian beton bertulang konstruksi pondasi. Variabel yang diteliti adalah produktifitas pekerja pelaksana pembesian pada shift pagi dan shift malam di proyek EPCC Revitalisasi PG. Mojo. Pekerjaan pembesian dibagi menjadi 3 elemen pekerjaan yaitu preparasi, fabrikasi, dan instalasi. Proses pengumpulan data diawali dengan pengamatan dilapangan (observasi) dan mencatat waktu yang dihabiskan oleh subjek penelitian dalam menyelesaikan pekerjaan dengan kuantitas yang sudah ditentukan. Pengamatan dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam tiap shift dengan rentang 2 jam pada setiap pengamatan. Penelitian dilakukan dengan study kepustakaan dan observasi lapangan. Analisa produktifitas didapat dengan menggunakan metode Time study dengan tahapan yang tertera pada bab 2 sehingga peniliti mampu membatasi data yang akan diambil pada saat observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produktifitas yang dimiliki pekerja proyek EPCC Revitalisasi sebesar 27.82 Kg/manhours untuk preparasi pada shift pagi dan 24.09 Kg/manhours pada shift malam, untuk fabrikasi shift pagi sebesar 20.39 Kg/manhours dan untuk shift malam adalah 17.99 Kg/manhours, dan instalasi shift pagi sebesar 12.61 Kg/manhours dan untuk shift malam adalah 9.61 Kg/manhours. Terdapat perbedaan yang signifikan antara produktifitas shift pagi dan shift malam, produktifitas shift pagi lebih tinggi daripada shift malam. Perbedaan tersebut terdapat disemua elemen pekerjaan konstruksi pembesian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44455

Actions (login required)

View Item View Item