Pengaruh pengalaman Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 6 Malang / Muhamad Mukhlis Aditama

Aditama, Muhamad Mukhlis (2018) Pengaruh pengalaman Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 6 Malang / Muhamad Mukhlis Aditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Aditama, Muhamad Muklis. 2018. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakeirn) dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 6 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd. Kata Kunci: Praktik Kerja Industri, Mata Pelajaran Kewirausahaan, Minat Wirausaha. Salah satu faktor yang diduga dapat menumbuhkan minat berwirausaha siswa ialah pengalaman yang diperoleh dari pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin). Penelitian ini bertujuan untuk (1) pelaksanaan prakerin yang berpengaruh terhadap minat berwirausaha, (2) pengaruh prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (3) pengaruh pengalaman prakerin dan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah berupa angket tertutup tentang pengalaman prakerin dan minat berwirausaha terhadap 72 responden. Hasil validitas didapat 35 item pertanyaan yang valid dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,935>0,6 tergolong ÔÇ£Sangat TinggiÔÇØ. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif untuk memperoleh harga rerata (Mean), standar deviasi (SD), median (Me), modus (Mo), nilai maksimum dan nilai minimum, yang selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, dan linieritas. Dari hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Pengalaman Praktik Kerja Industri tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap Minat Berwirausaha, (2) Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif terhadap Minat Berwirausaha, (3) Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap Minat Berwirausaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44449

Actions (login required)

View Item View Item