Pengaruh minat memilih Prodi S1 PTB terhadap prestasi belajar menggambar teknik bangunan mahasiswa Prodi S1 PTB Universitas Negeri Malang dengan perbedaan latar belakang sekolah / Noviani Aditya

Aditya, Noviani (2018) Pengaruh minat memilih Prodi S1 PTB terhadap prestasi belajar menggambar teknik bangunan mahasiswa Prodi S1 PTB Universitas Negeri Malang dengan perbedaan latar belakang sekolah / Noviani Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Aditya, Noviani. 2018. Pengaruh Pemilihan Prodi PTB Terhadap Prestasi belajar Menggambar teknik Mahasiswa PTB fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Berdasarkan Latar belakang Sekolah. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Antelas Eka Winahyo, M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno, M. Pd. . Kata Kunci: Minat, Memilih prodi PTB, Menggambar Teknik Pemilihan program studi oleh calon mahasiswa yang baru saja lulus dari SLTA sangat beragam dan sering memilih program studi tidak sesuai dengan keinginannya, mengingat banyaknya jurusan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi. S1 PTB adalah salah satu prodi yang mempunyai kompetensi utama lulusan sebagai tenaga pendidik/guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian bangunan dan instruktur pada instansi bidang keahlian bangunan. Namun demikian lulusan S1 PTB dipercaya untuk dapat bekerja di perusahaan jasa konstruksi karena dasar matakuliah yang diajarkan juga sesuai dengan dunia kerja jasa konstruksi. Dengan kata lain memilih bidang studi S1 PTB harus didasarkan oleh sesuatu yang kuat dan mendasar sesuai visi, misi dan tujuan S1 PTB. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengambilan sebuah keputusan dalam memilih sesuatu adalah minat, menurut Hurlock (1993) Minat adalah dorongan yang membuat seseorang melakukan apa yang dia lakukan ketika terdapat kebebasan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh pemilihan prodi S1 PTB terhadap prestasi belajar menggambar teknik bangunan mahasiswa prodi S1 PTB Universitas Negeri Malang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket pada mahasiswa prodi S1 PTB dan dokumentasi DNA menggambar teknik bangunan. Rancangan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 PTB angkatan 2016 dan 2017 Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random dengan taraf kesalahan sebesar 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 137 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Faktor internal minat lebih menumbuhkan minat dalam pemilihan prodi PTB daripada faktor eksternal minat. (2) Mahasiswa tertarik dengan pekerjaan sebagai tenaga kerja konstruksi walaupun menyukai bidang ilmu keguruan dan bidang ilmu konstruksi (3) Pekerjaan yang digeluti oleh keluarga dan masyarakat lingkungan sekitar tempat tinggal juga menumbuhkan minat dalam pemilihan prodi S1 PTB (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan minat memilih prodi terhadap prestasi belajar menggambar teknik bangunan mahasiswa prodi PTB fakultas teknik Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44447

Actions (login required)

View Item View Item