Pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan internet terhadap prestasi belajar desain interior dan eksterior siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Agnia Rakanita Mulya

Mulya, Agnia Rakanita (2018) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan internet terhadap prestasi belajar desain interior dan eksterior siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Agnia Rakanita Mulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mulya, Agnia. R. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Internet terhadap Prestasi Belajar Desain Interior dan Eksterior Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd Kata Kunci: Perpustakaan, Internet, Prestasi Belajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan mencetak sumber daya manusia yang siap menjadi tenaga kerja yang terampil dan produktif. Selain itu, siswa dibimbing agar mampu menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi. Pemanfaatan sarana dan prasana merupakan salah satu cara untuk membantu terwujudnya tujuan tersebut. Salah satu yang dapat menjadi tolak ukurnya adalah prestasi belajar, pada penelitian ini yang digunakan adalah nilai UAS mata pelajaran Desain Interior dan Eksterior. Pada kelas XI TGB SMKN 6 Malang, tidak ada satupun siswanya yang mendapatkan nilai UAS Desain Interior dan Eksterior dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan oleh siswa kelas XI jurusan TGB SMKN 6 Malang, (2) mengetahui bagaimana pemanfaatan internet oleh siswa kelas XI jurusan TGB SMKN 6 Malang, (3) mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar Desain Interior dan Eksterior, (4) mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar Desain Interior dan Eksterior, dan (5) mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan internet secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Desain Interior dan Eksterior. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang bersifat diskriptif. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah berupa angket tertutup tentang pemanfaatan sarana prasana berupa perpustakaan dan internet pada mata pelajaran Desain Interior dan Eksterior. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (regresi sederhana dan regresi ganda). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) perolehan teratas pemanfaatan perpustakaan pada mata pelajaran Desain Interior dan Eksterior diduduki oleh kategori ÔÇ£TinggiÔÇØ dengan presentase sebesar 44%, (2) perolehan teratas pemanfaatan internet pada mata pelajaran Desain Interior dan Eksterior diduduki oleh kategori ÔÇ£SedangÔÇØ dengan presentase sebesar 47%, (3) pemanfaatan perpustakaan mampu mempengaruhi 18,5% perubahan prestasi belajar Desain Interior dan Eksterior, (4) pemanfaatan internet mampu mempengaruhi 53,6% perubahan prestasi belajar Desain Interior dan Eksterior, (5) pemanfaatan perpustakaan dan internet secara bersama-sama mampu mempengaruhi 61,2% perubahan prestasi belajar Desain Interior dan Eksterior. v ABSTRACT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44443

Actions (login required)

View Item View Item