Analisis tingkat kepuasan siswa urusan Teknik Gambar Bangunan terhadap sarana dan prasarana sekolah SMK Islam 1 Blitar / Mu'amar Khoiri

Khoiri, Mu'amar (2018) Analisis tingkat kepuasan siswa urusan Teknik Gambar Bangunan terhadap sarana dan prasarana sekolah SMK Islam 1 Blitar / Mu'amar Khoiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Khoiri, MuÔÇÖamar. 2018. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan Terhadap Sarana dan Prasarana Sekolah SMK Islam 1 Blitar. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M.Pd., (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. Kata kunci: Kepuasan siswa, sarana dan prasarana sekolah. Pendidikan adalah usaha secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan antara lain: (1) pendidik, (2) peserta didik, (3) tujuan pendidikan, (4) alat dan (5) lingkungan pendidikan. Jika salah satu faktor tersebut tidak terpenuhi, maka tidak akan terjadi proses belajar mengajar. Hal tersebut dapat ditingkatkan dengan adanya sarana penunjang, yaitu fasilitas sarana dan prasarana. Dari beberapa sekolah SMK yang ada di kota Blitar, SMK Islam 1 Blitar sebelumnya belum pernah dilakukan penelitian mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah jurusan Teknik Gambar Bangunan, pentingnya ini dilakukan yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap sarana prasarana yang dimiliki sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penggunaan metode pendekatan ini mengacu pada tujuan penelitian dengan mengumpulkan informasi di lapangan, kemudian data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan kelas X yang berjumlah 107 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrument yang digunakan adalah kuesioner yang menggunakan deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan uji validitas reabilitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Tingkat kepuasan siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan termasuk dalam kategori puas terhadap sarana yang dimiliki sekolah dengan skor 2,889 dengan prosentase sebesar 72,235%, (2) Tingkat kepuasan siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan termasuk dalam kategori puas terhadap prasarana yang dimiliki sekolah dengan skor 2,875 dengan prosentase sebesar 71,881%, (3) Tingkat kepuasan siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan termasuk dalam kategori puas terhadap pengelolaan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh sekolah dengan skor 2,993 dengan prosentase sebesar 74,825%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Islam 1 Blitar termasuk dalam kategori puas terhadap sarana, prasarana dan pengelolaan sarana prasarana. Saran dari penelitian ini adalah pihak sekolah sebaiknya meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan standart v permendiknas sehingga siswa merasa sangat puas terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah SMK Islam 1 Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44442

Actions (login required)

View Item View Item