Analisis Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) pengguna taksi di Kota Malang / Aulia Nosa Hatsari

Hatsari, Aulia Nosa (2018) Analisis Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) pengguna taksi di Kota Malang / Aulia Nosa Hatsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Hatsari, Aulia Nosa. 2018. Analisis Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) Pengguna Taksi di Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd., M.T., (II) Pranoto, S.T., M.T. Kata Kunci: ATP, WTP, Taksi Dalam perkembangan transportasi beberapa tahun terakhir, persaingan transportasi konvensional dan online terlihat meruncing. Banyak hal yang melatarbelakangi terjadinya konflik tersebut, faktor utama dalam konflik tersebut yaitu berebut penumpang antara angkutan taksi konvensional dan angkutan taksi online. Faktor penyebab masalah ini adalah tentang tarif kendaraan. Penetapan tarif resmi angkutan taksi oleh pemerintah merupakan sesuatu yang berpengaruh langsung terhadap masyarakat utamanya pengguna angkutan taksi. Untuk mengetahui kemampuan dan kemauan membayar, dapat dilakukan analisis keterjangkauan daya beli pengguna jasa angkutan umum dalam membayar tarif yang meliputi Analisis ATP dan WTP terhadap tarif yang diberlakukan. Nilai ATP dan WTP ini perlu diketahui untuk melindungi konsumen dari penyalahgunaan potensi kekuatan monopoli utilitas yang mengendalikan kontrol harga dan kontrol kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna taksi konvensional, persepsi pengguna taksi konvensional, besar nilai ATP dan WTP pengguna taksi konvensional, ATP dan WTP pengguna angkutan taksi konvensional di Kota Malang terhadap tarif. Instrumen yang dikembangkan berupa angket yang disebarkan kepada pengguna taksi di Kota Malang dan wawancara dengan perusahaan taksi di Kota Malang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Rancangan penelitian ini diawali dengan tahap pengumpulan data primer berupa pembagian angket kepada pengguna taksi, dan pengumpulan data sekunder berupa dokumen-dokumen dari perusahaan taksi. Hasil penelitian diperoleh bahwa 60% responden adalah perempuan dengan 45% berusia 16-25 tahun dan 48% responden berpendidikan terakhir SMA/SLTA. Berdasarkan jenis pekerjaan, 17% responden bekerja sebagai wiraswasta dengan 27% responden berpenghasilan Rp. 2.400.000,00 – Rp. 3.000.000,00 dan 39% responden mengelurakan < Rp. 2.400.000,00 untuk biaya hidup per bulan. Sedangkan, menurut persepsi pengguna, angkutan taksi konvensional di Kota Malang sudah cukup memenuhi beberapa aspek dari segi kemampuan, kemauan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan, dan aksesbilitas. Untuk nilai ATP pengguna angkutan taksi konvensional sebesar Rp. 2.819,00/km, nilai WTP pengguna angkutan taksi konvensional sebesar Rp. 2.292,00/km, nilai tarif yang berlaku saat ini Rp. 3.500,00/km dan sesuai BOK sebesar dan Rp. 5.131,7/km. Dapat disimpulkan bahwa nilai tarif lebih besar dibandingkan nilai ATP dan WTP, hal ini berarti para pengguna merasa mahalnya tarif yang harus dibayarkan apabila menggunakan jasa angkutan taksi konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44441

Actions (login required)

View Item View Item