Penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X keahlian teknik bisnis konstruksi dan properti SMK Negeri 1 Singosari / Nicko Agbar Elrisky

Elrisky, Nicko Agbar (2018) Penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X keahlian teknik bisnis konstruksi dan properti SMK Negeri 1 Singosari / Nicko Agbar Elrisky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv Penerapan Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Keahlian Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 1 Singosari / Nicko Agbar Universitas Negeri Malang, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan 2018 ABSTRAK Agbar, Nicko. 2018. Penerapan Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Keahlian Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write, Hasil Belajar. Pembelajaran merupakan proses utama yang diselenggarakan dalam kegiatan sekolah. Kegiatan pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila tujuan dalam proses pembelajaran tersebut dapat tercapai. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SMKN 1 Singosari, pembelajaran dapat dikatakan belum berhasil. Hal ini terlihat dari hasil belajar kognitif siswa yang masih rendah dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Permasalahan dalam pembelajaran tersebut dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran yang inovatif dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran agar siswa dapat lebih mudah memahami materi yang dipelajari yaitu teknik pembelajaran Think Talk Write. Pelaksanaan pembelajaran Think Talk Write dilakukan dalam tiga tahap, yaitu Think (berpikir), Talk (berbicara), dan Write (menulis). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Talk Write dan peningkatan proses beserta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data penelitian yang berupa skor hasil observasi dan catatan lapangan dari kegiatan siswa dan guru dalam menerapkan model pembelajaran Think Talk Write, hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari tes. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes,observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: penelitian proses pembelajaran dengan aktivitas guru siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 8,93 dari 78,57% menjadi 87,5% serta aktifitas siswa sebesar 27,49 dari 57,53 menjadi 85% . Hal ini menunjukkan bahwa penulis sudah melaksanakan pembelajaran dengan sangat baik. Kedua, nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal setelah penerapan model pembelajaran TTW pada siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan dari 82.26 menjadi 91,87. Presentase ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan dari 72,14% menjadi 100%. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44440

Actions (login required)

View Item View Item