Evaluasi program pembelajaran pada kompetensi keahlian bisnis konstruksi properti di SMK Negeri 1 Singosari / Iman Agus Faisal

Faisal, Iman Agus (2018) Evaluasi program pembelajaran pada kompetensi keahlian bisnis konstruksi properti di SMK Negeri 1 Singosari / Iman Agus Faisal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Faisal, Iman A. 2018. Evaluasi Program Pembelajaran pada Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi Properti di Smk Negeri 1 Singosari. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. (2) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. Kata Kunci : Evaluasi Input, Procces, Output. Pendidikan memiliki peran strategis dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas. Salah satu bentuknya yaitu pendidikan kejuruan yang memiliki tujuan mencetak siswa ahli dalam bidang tertentu. Mewujudkan hal tersebut dapat dilihat dari tingkat kesiapan sebelum pembelajaran, proses selama pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Evaluasi diperlukan untuk mengukur tingkat dari ketiga faktor tersebut. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi input, procces, dan output dalam pelaksanaan program pembelajaran Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas X BKP I sejumlah 30 siswa dan X BKP II sejumlah 30 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket (kuisioner) yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pernyataan positif maupun negatif secara tertulis kepada responden untuk menjawab pernyataan dengan cara memberikan checklist pada setiap pernyataan. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pendukung tentang gambaran proses pembelajaran. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif (kuantitatif). Hasil yang disajikan dalam penelitian ini berupa skor dengan interval skor 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembelajaran dikategorikan cukup baik dengan skor 73,52. Hasil tersebut diambil dari nilai rata-rata evaluasi input, evaluasi proses, dan evalusi output pembelajaran. Evaluasi input dalam penelitian ini yaitu kesipan sebelum pembelajaran berlangsung yang terdiri dari kesiapan siswa, kesiapan guru, dan kesiapan sarana prasarana. Skor yang dihasilkan dari kesiapan belajar siswa yaitu 69,47 yang dikategorikan cukup baik. Skor untuk kesiapan guru dalam pembelajaran yaitu 83,67 yang dikategorikan baik. Skor kesiapan sarana prasaranan yaitu 84,31 yang dikategorikan baik. Jadi skor rata-rata yang dihasilkan oleh evaluasi input pembelajaran dikategorikan sudah baik dengan skor 79,15. Evaluasi proses dalam penelitian ini adalah evaluasi selama pembelajaran berlangsung yang terdiri dari proses belajar siswa dan proses pembelajaran guru. Skor yang dihasilkan untuk proses belajar siswa yaitu 65,71 yang di kategorikan cukup baik. Skor untuk proses pembelajaran guru yaitu 81,21 terkategori baik. Jadi skor rata-rata evaluasi proses yaitu 73,46 yang dikategorikan cukup baik. Evaluasi output adalah evaluasi yang dilakukan pada hasil pembelajaran yang memiliki skor 67,58 yang terkategori cukup baik. Namun pembelajaran yang dilakukan masih belum maksimal, antara lain pada evaluasi input terdapat (1) siswa mengerjakan tugas yang seharusnya dikerjakan dirumah tetapi dikerjakan disekolah, (2) siswa masih sering terlambat masuk sekolah, (3) siswa belum bisa berkonsentrasi penuh dalam pembelajaran, (4) belum tersedianya WIFI yang memadai. Sedangkan pada evaluasi proses pembelajaran yang dikatakan belum maksimal terdapat pada, (1) siswa cenderung mengerjakan ii tugas dan ujian dengan cara mencontoh pekerjaan temanya, (2) Guru jarang mengembalikan lembar ujian yang telah dinilai. Output program pembelajaran pada bidang Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) masuk dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44437

Actions (login required)

View Item View Item